Kasus Software Error yang terkenal di Dunia

Kasus Software Error yang terkenal di Dunia

Kasus Software Error yang terkenal di Dunia – Halo sobat bierpinter. Apakah kalian pernah mengalami software error? Jika belum, nah pada artikel kali ini kita akan membahas seputar software error. Software error adalah salah satu bentuk kesalahan yang terjadi pada suatu perangkat lunak, baik itu karena syntax error, logical error, runtime error, maupun terjadinya bug. Software yang berkualitas pasti sangat sering dilakukan pengujian, dari pengujian ini-lah para penguji mencari error yang dapat mungkin terjadi di dalam software tersebut. Ada beberapa contoh Kasus Software Error yang terjadi di Dunia. Ingin tahu apa saja kasus tersebut? Terusin baca artikelnya yah sobat 😀

Kasus Software Error yang terkenal di Dunia

1. Disney’s Lion King (1994-1995)

Disney Lion King
Disney Lion King

Tepat pada hari Natal, Disney mengeluarkan CDROOM game pertamanya, yaitu “The Lion King Animated Storybook” yang saat itu laku keras dipasaran. Pada tanggal 26 Desember, pembeli protes karena game tersebut tidak dapat dijalankan. Setelah diselidiki oleh tim penguji Disney, ternyata programmer Disney hanya melakukan testing pada komputer perusahaan saja dengan spesifikasi khusus yang tidak dimiliki oleh masyarakat umum.

2. Intel Pentium Floating-Point Division Bug (1994)

Intel Pentium Floating-Point Division Bug
Intel Pentium Floating-Point Division Bug

Berapa hasil perhitungan dari (4195835/3145727) * 3145727 – 4195835 ? . Haruslah tepat nol!. Namun, hasil perhitungan menggunakan prosesor Intel Pentium tidak menghasilkan nilai nol. Peristiwa ini ditemukan oleh Dr. Thomas R. Nicely.

Argumentasi dari intel :

  1. Tester Intel sudah mengetahui sebelum prosesor itu diproduksi
  2. Tidak dipublikasikan/diperbaiki karena user tidak akan pernah melakukan perhitungan seperti itu

Pada tanggal 28 Agustus 2000, Intel menarik kembali seluruh prosesor Pentium III – 1.13 MHz.

3. NASA Mars Polar Lander (1999)

NASA Mars Polar Lander
NASA Mars Polar Lander

Pada tanggal 3 Desember 1999, NASA’s Mars Polar Lander hilang ketika akan mendarat di Mars. Akhirnya diketahui bahwa Polar Lander tersebut telah hancur menabrak Mars ketika mendarat. Hasil investigasi telah diketahui bahwa :

  1. Proses pendaratan seharusnya dikendalikan melalui satelit, namun untuk menghemat biaya, sistem kendali satelit diganti dengan sistem kendali otomatis.
  2. Getaran yang sangat kuat saat mendarat mengacaukan sistem kendali tersebut.

4. Patriot Missile Defense System (1991)

Patriot Missile Defense System
Patriot Missile Defense System

Peristiwa ini bercerita tentang peluru kendali Patriot yang dapat melumpuhkan peluru kendali musuh banyak yang gagal dan salah sasaran. Setelah di investigasi, hasil menyatakan bahwa :

System clock kendali Patriot tidak akurat. Dalam 14 jam, system clock  tersebut sudah menyebabkan penyimpangan beberapa detik, sehingga sistem tracking tidak dapat bekerja lagi.

5. The Y2K (Year 2000) Bug (1974)

The Y2K (Year 2000) Bug
The Y2K (Year 2000) Bug

Software yang dibuat sejak tahun 1974, menggunakan 2 digit untuk menyimpan tahun. Tujuan dari pembuatan dengan 2 digit ini antara lain untuk menghemat memori & harddisk dan juga untuk meningkatkan kecepatan proses. Ada asumsi juga, bahwa software ini tidak mungkin dipakai sampai 25 tahun lamanya. Namun, masalah ini terlupakan dan menjadi kasus besar pada tahun 2000.

Diperkirakan perusahaan di dunia menghabiskan ratusan milyaran dolar untuk memperbaiki programnya. Dikarenakan perubahaan digit tahun dari tahun 1999 (99) menjadi 2000 (00). Akhirnya mereka harus menambah digit tersebut menjadi 4 digit tahun.

Nah, itu adalah beberapa Kasus Software Error yang Terkenal di Dunia. Menarik bukan teman-teman? Nah, untuk para developer yang sedang membuat software. Kalian harus perhatikan sistem pengujian kalian, agar tidak terjadi software error dikemudian harinya. Sekian dari saya. Salam IT ^_^

Baca juga : Pengertian dan Karakteristik dari Cybercrime