Komputer
Now Reading
Kategori Software (Rekayasa Perangkat Lunak)
Inovasi Baru
1

Kategori Software (Rekayasa Perangkat Lunak) – Halo sobat sekalian. Pada artikel saya kali ini, saya akan membahas mengenai Kategori-kategori yang ada pada software. Apakah kamu tahu bahwa Software yang kita gunakan termasuk pada kategori yang mana? Ternyata banyak kategori software lohh.. Nah, disini saya akan membahasnya secara detail. Mulai dari contoh kategorinya beserta dengan pengertiannya. Kategori software ini merupakan salah satu dalam bidang Rekayasa Perangkat Lunak. Menarik bukan? So, tetap lanjutin baca artikelnya yah sobat 😀

Kategori Software (Rekayasa Perangkat Lunak)

Software sebenarnya memilik 2 jenis produk yang berbeda. Pada produk software generik, organisasi yang mengembangkan perangkat lunak digunakan untuk mengontrol spesifikasi perangkat lunak. Sedangkan pada produk software pesanan, spesifikasi biasanya dikembangkan dan dikontrol oleh organisasi yang membeli perangkat lunak tersebut. Berikut adalah contoh dari kategori-kategori software:

1. System Software

System Software

Contoh dari System Software

Apa sih System Software itu? System Software merupakan sekumupulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain. Dimana memiliki sifat : Berinteraksi dengan berbagai perangkat keras komputer, penggunaan yang sangat tinggi oleh banyak pengguna, dan memiliki operasi-operasi yang terjadi secara bersamaan yang pada gilirannya menuntut penjadwalan-penjadwalan. System Software pun dapat berbagi sumberdaya yang sama dan melakukan pengaturan pemrosesan yang rumit. Menangani struktur-struktur data yang kompleks dan antarmuka eksternal yang jumlahnya banyak. Contohnya : Compilers, Operating System, Editor, Prosessor Telekomunikasi, Software Jaringan dan yang lainnya.

2. Application Software

Contoh Application Software

Contoh dari Application Software

Application Software adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Application Software ini berfungsi untuk mengendalikan fungsi-fungsi bisnis secara actual dan melakukan pemrosesan data bisnis atau data teknis yang mendukung berjalannya suatu operasi-operasi bisnis. Contohnya : Pemrosesan transaksi pada titik penjualan, kendali pemrosesan produksi pada pabrik secara aktual.

3. Software Engineering

Software Engineering

Software Engineering Daily

Software Engineering adalah suatu perangkat lunak atau software yang memiliki algoritma yang penuh dengan kalkulasi data numeric. Aplikasi yang dikembangkan untuk kebutuhan astronomi hingga vulkanologi, analisis tekanan pada otomotif, hingga dinamika orbit pada pesawat ulang-alik. Contohnya : Computer Aided Desig (CAD), System Stimulation, dan lain sebagainya.

4. Embedded Software

Embedded Software

Chip of Embedded Software

Apa sih Embedded Software itu? Software Embedded (tertanam) merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat menjalankan fungsi-fungsi terbatas dan seringkali hanya dapat dipahami oleh kalangan tertentu. Contohnya : Kontrol tombol pada Microwave Oven, alat fungsi digital dalam mobil seperti kendali bahan bakar, tampilan indicator dan sistem pengereman.

5. Product Line Software

Product Line Software

Contoh dari Product Line Software

Product Line Software dirancang untuk menyediakan kemampuan khusus untuk digunakan oleh pelanggan yang berbeda-beda dan berkonsentrasi pada pasar tertentu. Contoh dari Product Line Software ini adalah : Word Processing, SpreadSheet, Grafik Komputer, Multimedia,  Pengaturan Basis Data, dan lain sebagainya.

6. Web Applications (WebApps)

WebApps

Contoh dari Web Application (WebApps)

Web Applications atau WebApps merupakan sekumpulan file hypertext yang saling terhubung untuk menunjukkan informasi-informasi tertentu dengan menggunakan grafis-grafis yang sifatnya terbatas dan menampilkan informasi tertentu dengan menggunakan teks-teks. Aplikasi Web saat ini sedang berevolusi menjadi lingkungan komputasi yang canggih yang tidak hanya menyajikan fitur-fitur mandiri, fungsi-fungsi komputasi, dan isis untuk pengguna akhir, juga terintegrasi dengan sistem basis data yang dimiliki oleh perusahaan dan aplikasi bisnis lainnya.

7. Artificial Intelligence Software

Artificial Intelligence Software

Definisi dari Artificial Intelligence

Apa sih Artificial Intelligence Software itu? Software ini merupakan suatu algoritma non-numerik yang digunakan untuk memecahkan permasalahan rumit yang tidak bisa diselesaikan dengan komputasi atau analisis permasalahan secara langsung. (Artificial Intellegence) yang merupakan kecerdasan buatan yang diciptakan manusia kedalam komputer. Dimana komputer dapat bertindak dan diberikan kecerdasan (konteks Ilmiah) layaknya seperti manusia. Contohnya : Robotics, Expert System, Permainan(Game) Komputer, dan lain sebagainya.

Oke teman-teman, itu ada kategori-kategori yang ada pada software. Ternyata banyak sekali Kategori Software yang sering kali kita tidak ketahui. Kategori ini dibuat untuk menggolongkan semua software kepada fungsi dan maksud dari pembuatan software tersebut. Penggolongan ini lah yang akan membedakan antara software yang satu dengan yang lainnya. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Cara Menonaktifkan Startup di Windows 10

 

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
83%
Keren
17%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response