Pengetahuan
Now Reading
Keuntungan dan Kerugian dari Cloud Computing
0

Keuntungan dan Kerugian dari Cloud Computing – Halo teman-teman sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Keuntungan dan Kerugian yang timbul dari Cloud Computing. Apa sih keuntungan dan kerugian tersebut? Keuntungan dan kerugian tersebut berhubungan dengan paradigmaparadigma teknologi yang dulu pernah ada namun sekarang berubah dengan pesat karena adanya teknologi cloud computing ini guys. Penasarankan? So, check it out yah guys…

Keuntungan dan Kerugian dari Cloud Computing

Keuntungan Cloud Computing

Apa saja sih keuntungan yang ditimbulkan dari teknologi yang satu ini? Berikut adalah beberapa keuntungan cloud computing secara umum:

  1. Teknologi Cloud computing menghapus beberapa silo-silo dalam “data center” tradisional.
  2. Arsitektur dari cloud sendiri memiliki sifat skalabilitas, fleksibilitas, dan transparansi yang memungkinkan layanan IT yang baru dapat disediakan dengan cepat dan biaya yang efektif. Dengan menggunakan Service Level Agreements (SLA) yang mencakup IT requirement dan policy, cloud computing memenuhi permintaan high utilization, dinamis, merespon perubahan, dan memenuhi tingkat keamanan dan kinerja yang tinggi.
  3. Cloud computing juga memberikan keuntungan bagi perusahaan, seperti :
    • Reduced Cost
    • Flexibility
    • Improved Automation
    • Sustainability
    • Focus on Core Competency

Dampak dalam beberapa aspek yang ditimbulkan dari teknologi Cloud Computing :

  1. Green IT = Cloud computing termasuk kedalam Green IT. Green IT adalah tentang bagaimana perangkat elektronik digunakan secara efisien dan ramah lingkungan.
  2. Sosial = Dalam aspek ini, cloud computing sangat berdampak. Dimana sangat mempengaruhi individu seseorang menjadi lebih mudah dalam berkomunikasi dengan seseorang dari belahan bumi yang lain.
  3. Politik = Cloud computing mempermudah kinerja pemerintah dalam hal memberikan pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat. Cloud computing juga dapat memberikan dampak negatif, yaitu : lenturnya nilai-nilai politik yang didasarkan dengan semangat kekeluargaan, musyawarah yang mufakat, dan gotong royong.
  4. Ekonomi = Cloud computing mempermudah dalam hal transaksi-transaksi bisnis.
  5. Budaya = Cloud computing pun mempermudah dalam mengetahui berbagai macam budaya di negara-negara lain.

 

Kerugian Cloud Computing

  1. Cloud computing memiliki potensi dalam membalikkan paradigma industri software, yang tadinya merupakan suatu aplikasi yang harus dibeli dan dijalankan di dalam dekstop. Sekarang pada aplikasi cloud computing, lisensi dapat berjalan melalui jaringan.
  2. Dengan adanya teknologi cloud computing, ini akan memungkinkan data center dan para administrator yang berada pada pusat jaringan distribusi, processing power, elektrikal, bandwidth dan storage dapat dikelola secara remote.
  3. Cloud computing tidak hanya berdampak bagi model bisnis saja, tetapi juga berkaitan dengan arsitektur utama. Bagaimana cloud computing ini dapat mengembangkan, membangun, dan menjalankan suatu aplikasi dengan mudah.

 

Oke teman-teman, itu adalah beberapa Keuntungan dan Kerugian dari Cloud Computing. Cloud computing merupakan teknologi yang baru muncul pada jaman saat ini guys. Namun, teknologi ini sudah berkembang dengan sangat pesat sekali, hingga dapat mengalahkan beberapa teknologi yang terdahulu pada jamannya. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : 3 Model Layanan di dalam Cloud Computing

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response