Komputer
Now Reading
5 Fungsi Perangkat Lunak Sistem Operasi Komputer
0
Sistem Operasi (OS) adalah salah satu program perangkat lunak inti yang berjalan pada perangkat keras dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras sehingga mereka dapat mengirim perintah (input) dan menerima hasil (keluaran).

Halo sobat BierPinter, senang sekali bisa berbagi pengetahuan dengan kalian. Disini , aku akan membagikan pengetahuan tentang 5 fungsi perangkat lunak sistem operasi komputer. Pada awalnya, ketika komputer baru keluar dari jalur perakitan pabrik, ia tidak dapat melakukan apapun. Perangkat keras membutuhkan perangkat lunak untuk membuatnya berfungsi. Sebelum kita membahas lebih dalam tentang 5 fungsi perangkat lunak sistem operasi komputer. Buat teman-teman yang belum like dan share artikel ini. Tidak salahkan untuk melakukannya, karena hal ini dapat membantu kami dalam mengembangkan situs ini menjadi lebih baik lagi. 🙂

5 Fungsi Perangkat Lunak Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi (OS) adalah salah satu program perangkat lunak inti yang berjalan pada perangkat keras dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat keras sehingga mereka dapat mengirim perintah (input) dan menerima hasil (keluaran). Ini menyediakan lingkungan yang konsisten untuk perangkat lunak lain untuk menjalankan perintah. Jadi kita dapat mengatakan bahwa OS bertindak di pusat melalui mana sistem perangkat keras dan perangkat lunak, dan pengguna berkomunikasi. Gambar berikut ini menunjukkan cara kerja dasar sistem operasi dan bagaimana ia menggunakan perangkat keras atau sumber daya yang berbeda.

Sistem operasi

Sistem operasi melayani banyak fungsi tetapi saya akan membahas tentang fungsi utama yang dimiliki semua sistem operasi. Dibawah ini ada lima fungsi utama dari setiap sistem operasi.

Antarmuka antara pengguna dan perangkat keras

Sistem Operasi (Operating Sistem) menyediakan antarmuka antara pengguna dan mesin. Antarmuka ini bisa berupa antarmuka pengguna grafis (GUI) di mana pengguna mengklik elemen layar untuk berinteraksi dengan OS atau antarmuka baris perintah (CLI) dimana pengguna mengetik perintah di antarmuka baris perintah (CLI) untuk memberi tahu OS untuk lakukan sesuatu.

Mengkoordinasikan Komponen Perangkat Keras

Suatu sistem operasi memungkinkan koordinasi komponen perangkat keras. Setiap perangkat keras berbicara dengan bahasa yang berbeda, tetapi sistem operasi dapat berbicara dengan mereka melalui perangkat lunak terjemahan khusus yang disebut driver perangkat. Setiap komponen perangkat keras memiliki driver yang berbeda untuk sistem operasi. Driver ini membuat komunikasi berhasil antara perangkat lunak lain dan perangkat keras. Sistem Operasi Sebagai Koordinasi Perangkat Lunak

Menyediakan lingkungan agar perangkat lunak berfungsi

Suatu OS menyediakan lingkungan agar aplikasi perangkat lunak berfungsi. Perangkat lunak aplikasi adalah perangkat lunak khusus yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Dalam sistem operasi GUI seperti Windows dan macOS, aplikasi berjalan dalam lingkungan desktop grafis yang konsisten.

Menyediakan struktur untuk manajemen data

Suatu OS menampilkan struktur / direktori untuk manajemen data. Kita dapat melihat daftar file dan folder dan memanipulasi file dan folder tersebut seperti (memindahkan, menyalin, mengganti nama, menghapus, dan banyak lainnya).

Monitor kesehatan dan fungsionalitas sistem

OS memantau kesehatan perangkat keras sistem kami, memberi kami gambaran tentang seberapa baik (atau tidak) kinerjanya. Kita dapat melihat seberapa sibuk CPU kita, atau seberapa cepat hard drive kita mengambil data, atau seberapa banyak data yang dikirim oleh kartu jaringan kita dll. Dan juga memonitor aktivitas sistem untuk malware.Monitor Kinerja di Windows

Penutup

Demikianlah 5 fungsi Perangkat Lunak Sistem Operasi Komputer yang sudah dijelaskan oleh BierPinter. Buat teman-teman yang suka dengan artikel ini. Kalian bisa like dan share artikel ini, guna membantu kita dalam membangun situs ini menjadi lebih baik lagi. Terimakasih . 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
admin
Hello, welcome to Bier Smart Site. stay here to get interesting information. :)
Loading...

Leave a Response