Komputer
Now Reading
Pekerjaan dan Tugas Seorang Software Quality Assurance (SQA)
Inovasi Baru
1
Apakah kalian seorang Software Quality Assurance (SQA)? Jika ia, kalian harus tau nihh Pekerjaan dan Tugas Seorang Software Quality Assurance itu.

Pekerjaan dan Tugas Seorang Software Quality Assurance (SQA) – Halo sobat Bierpinter sekalian. Apakah kalian seorang Software Quality Assurance atau yang sering disebut dengan SQA? Jika ia, apakah kalian sudah tahu apa pekerjaan dan tugas di dalam pekerjaan tersebut?. Nah, pada artikel kita kali ini saya akan membahas mengenai Pekerjaan dan Tugas Seorang Software Quality Assurance (SQA). Pada umumnya, tugas dan pekerjaan dari seorang Software Quality Assurance adalah menentukan atau menilai suatu kualitas software yang akan di buat. Seorang SQA berhak mengkritik atau memberikan masukkan kepada pihak developer untuk mengembangkan software tersebut agar lebih baik lagi kualitasnya, baik disisi interface, fungsional, dan aspek lainnya. Ingin tahu lebih mengenai tugas dan pekerjaan SQA ini? So, terusin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

Pekerjaan dan Tugas Seorang Software Quality Assurance (SQA)

Pekerjaan dan Tugas Seorang Software Quality Assurance

Software Quality Assurance

Inti dari tugas dan pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Software Quality Assurance (SQA) adalah menilai atau menentukan suatu kualitas software itu baik atau tidak. Baik menilainya dari segi interfacenya, fungsionalitasnya, dan aspek lainnya. Biasanya seorang SQA memiliki standar kualitas software mereka sendiri. Berikut ada beberapa pekerjaan dan tugas yang dilakukan oleh seorang Software Quality Assurance:

1. Persiapan Rencana SQA Untuk Proyek

Rencana SQA dikembangkan sebagai bagian dari perencanaan proyek. Rencana itu sebaiknya ditinjau secara seksama oleh para stakeholders pada proyek tersebut. Langkah-langkah perancanaannya mencakup beberapa hal, yaitu:

  • Evaluasi yang akan dilaksanakan
  • Audit dan peninjauan yang akan dilaksanakan
  • Standard yang akan diterapkan pada proyek perancangan
  • Prosedur untuk pelaporan dan pelacakan
  • Dokumen yang dihasilkan oleh kelompok SQA
  • Umpan balik yang akan diberikan kepada tim software

2. Partisipasi

Partisipasi dalam pengembangan deskripsi proses software yang akan dilaksanakan proyek. Kelompok Software Quality Assurance akan meninjau deskripsi proses agar sesuai dengan kebijakan organisasi. Menentukan apakan sesuai dengan standar software internal dan juga eksternal.

3. Peninjauan Aktivitas

Tugas lainnya adalah meninjau aktivitas rekayasa software untuk memverifikasi kesesuaian dengan proses software yang telah didefinisikan sebelumnya. Kelompok SQA akan bertugas mengidentifikasi, mendokumentasi, dan melacak penyimpangan dari proses software yang telah didefinisikan sebelumnya. Dan juga akan memverifikasi koreksi yang telah dibuat.

4. Melaksanakan Audit

Melaksanakan Audit terhadap produk kerja perangkat software yang bertujuan untuk mem-verifikasi kesesuaian dengan proses software yang telah didefinisikan sebelumnya.

5. Memastikan Penyimpangan

Seorang SQA juga bertugas untuk memastikan bahwa penyimpangan pada pekerjaan software dan produk kerja telah terdokumentasi dengan baik dan telah ditangani dengan cara yang sesuai. Penyimpangan dapat ditemukan pada perencanaan proyek software, pada deskripsi proyek, pada standar yang telah diterapkan. Dan juga pada produk kerja rekayasa software.

6. Mencatat Ketidaksesuaian

Tugas terakhir seorang Software Quality Assurance adalah mencatat setiap ketidaksesuaian dan melaporkannya kepada pihak manajemen puncak.

Nah, itu adalah Pekerjaan dan Tugas Seorang Software Quality Assurance (SQA). Sekarang kalian sudah paham bukan tugas-tugas dan pekerjaan yang akan dilakukan bila kalian seorang SQA?. Semoga dengan artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda dalam mengerjakan tugas-tugas kalian, khususnya seorang SQA. So, sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 8 Agustus 2018 at 2:42 PM

    Seorang SQA berhak mengkritik atau memberikan masukkan kepada pihak developer untuk mengembangkan software tersebut agar lebih baik lagi kualitasnya, baik disisi interface, fungsional, dan aspek lainnya 😀

Leave a Response