Pengertian dan Fungsi dari Processor

Pengertian dan Fungsi dari Processor

Pengertian dan Fungsi dari Processor – Halo sobat sekalian. Siapa yang tidak mengenai Processor? Processor adalah komponen penting dalam suatu sistem komputer. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Processor. Mulai dari pengertian, fungsi, dan komponen-komponen yang ada didalam processor itu sendiri.

Pengertian dan Fungsi dari Processor

Processor merupakan salah satu komponen terpenting di dalam sebuah sistem komputer. Pada umumnya, ada 4 komponen utama didalam sistem komputer, yaitu Processor, Main Memory, I/O Module, dan System Interconnection. Processor sendiri berfungsi untuk mengendalikan operasi komputer dan melakukan pemrosesan data.  Processor ini biasanya disebut dengan CPU (central Processesing unit). Processor mengambil instruksi yang dikodekan secara biner dari main memory, dan langsung mendekode instruksi tersebut menjadi aksi-aksi sederhana dan menjalankan aksi-aksi tersebut.

Baca juga : Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer

Komponen-Komponen di dalam Processor

  1. CU atau yang sering disebut dengan control unit. CU ini berfungsi untuk mengendalikan suatu operasi atau instruksi yang akan dilaksanakan oleh komputer.
  2. ALU atau yang sering kita kenal dengan arithmatic logical unit ini berfungsi untuk melakukan operasi arithmatika dan logika.
  3. Register merupakan suatu memory yang cepat dan biasanya digunakan sebagai tempat pertukaran suatu operasi yang akan dilaksanakan. Register juga membantu dalam pelaksanaan operasi yang akan dilakukan oleh processor.

Processor memiliki sekumpulan register yang disediakan setingkat dengan memory, yang mana register ini lebih cepat dibandingkan dengan main memoryRegister pada processor memiliki dua fungsi, yaitu :
1. User-visible register
2. Control and status register

User-Visible Register

User-visible register merupakan suatu memory yang telah disesuaikan dengan bahasa mesin. Sehingga processor dapat menjalankan (execute) dan secara umum dapat beroperasi untuk semua program, termasuk program aplikasi yang sama dengan program system. Tipe dari register ini adalah :

  1. Data Register (Register data)
  2. Address Register (Register alamat)

Control and Status Registers

Salah satu macam dari register ini digunakan untuk mengendalikan operasi processor. Kebanyakan tidak terlihat oleh user. Beberapa dari operasi dapat di akses oleh instruksi mesin yang akan dieksekusi, baik dengan pengendalian atau kernel OS.
Masing-masing mesin akan mempunyai susunan register dan terminology yang berbeda-beda. Register yang terdapat pada control and status register ini adalah :

  1. Address and Buffer
  2. Instruction Execution
  3. Information status

Menarik bukan? Ternyata didalam Processor terdapat suatu komponen-komponen yang penting juga loh… Komponen-komponen ini saling terhubung satu sama lain (Interconnection) dengan komponen yang ada didalam sistem komputer lainnya. Processor juga merupakan salah satu bagian terpenting didalam sistem komputer. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Pengertian dari User-Visible Register pada Processor