Pengetahuan
Now Reading
Pengertian dan Karakteristik dari Cybercrime
0

Pengertian dan Karakteristik dari Cybercrime – Halo teman-teman sekalian. Ada yang pernah mendengar istilah “Cybercrime”? Pasti para anak IT dan developer pernah mendengar kata-kata yang satu ini. Cybercrime atau yang sering dikenal dengan kejahatan di dunia maya saat ini sudah sangat banyak sekali. Karena kemudahan atas internet yang sudah ada, banyak sekali pihak-pihak yang memanfaatkannya untuk sesuatu yang buruk. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Pengertian dan Karakteristik dari Cybercrime. So, lanjutin baca artikelnya yah Guys 😀

Pengertian dan Karakteristik dari Cybercrime

Cybercrime atau kejahatan di “Dunia Maya” merupakan salah satu jenis kejahatan yang dilakukan melalui media internet. Dimana kejahatan ini memanfaatkan teknologi komputer dan teknologi komunikasi yang sudah ada.

Pengertian Cybercrime

Menurut pengertiannya, cybercrime dapat diartikan sebagai suatu perbuatan yang melawan hukum. Dimana perbuatan ini dilakukan dengan menggunakan media internet yang berbasis pada kecanggihan teknologi komputer dan telekomunikasi. Pelaku-pelaku dari kejahatan cybercrime ini ada 2 jenis, yaitu pelaku internal dan eksternal.

1. Pelaku Internal, yaitu seseorang yang datang dari dalam organisasi. Misalnya pemakai komputer dari organisasi itu sendiri termasuk kerabat atau pengembang sistem atau vendor.

2. Pelaku Eksternal, yaitu orang yang datang dari luar organisasi yang telah mendapatkan akses dan otoritas dari organisasi atau yang tidak mendapat akses (hacker).

Karakteristik Cybercrime

Karakteristik dari Cybercrime

Karakteristik dari Cybercrime

Ruang lingkup kejahatan cybercrime ini bersifat global. Dimana kejahatan ini dilakukan secara transnasional, melintasi batas-batas antar negara. Sehingga kejahatan ini sangat sulit dipastikan yuridiksi hukum negara mana yang berlaku terhadapnya. Sifat kejahatan ini tidak menimbulkan kekacauan yang mudah terlihat. Tetapi dapat menimbulkan kerusakan yang lebih dahsyat dibandingkan dengan kejahatan-kejahatan yang lain. Sedangkan untuk pelaku kejahatan ini, dilakukan oleh orang-orang yang menguasai penggunaan internet beserta dengan aplikasinya. Biasanya modus kejahatan ini menggunakan teknologi informasi.

Kejahatan cybercrime tentunya menimbulkan kerugian yang besar. Jenis kerugian yang ditimbulkan dapat bersifat material maupun non material seperti waktu, nilai, jasa, uang, barang, harga diri, dan kerahasiaan informasi. Dimasa mendatang, kejahatan semacam ini akan mengganggu perekonomian nasional melalui jaringan infrastruktur yang berbasis teknologi elektronik. Seperti : perbankan, telekomunikasi satelit, jaringan listrik dan jaringan lalu lintas penerbangan.

Ada 2 jenis kejahatan :

1. Kejahatan kerah biru, merupakan jenis kejahatan atau tindak kriminal yang dapat dilakukan secara konvensional. Seperti : perampokan, pencurian, pembunuhan. Biasanya kejahatan ini berasal dari kelas sosial bawah, kurang terdidik, dan berpenghasilan rendah.

2. Kejahatan kerah putih. Kejahatan ini terbagi dalam 4 kelompok kejahatan, yaitu : kejahatan korporasi, kejahatan birokrat, malpraktek, dan kejahatan individu. Biasanya kejahatan ini berasal dari kelas yang berpendidikan, memiliki penghasilan tinggi, dan memegang jabatan terhormat di masyarakat.

Nah, itu sedikit pembahasan mengenai Pengertian dan karakteristik dari Cybercrime. Semoga dengan adanya artikel ini, semakin banyak orang yang sadar dan mengerti bagaimana kejahatan di dunia maya dapat dihentikan. Kita sebagai penerus bangsa selanjutnya, haruslah menanamkan nilai moral di setiap tindakan dan perbuatan kita. So, sekian dari saya. Salam IT ^_^

Baca juga : Definisi dari Komputer (Proses Pengolahan Data Elektronik)

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response