Pengetahuan
Now Reading
Pengertian dan Tipe dari Komponen Diagram
0

Pengertian dan Tipe dari Komponen Diagram- Halo sobat sekalian. Tahukah kalian apa itu komponen diagram? Jika kalian adalah anak teknik informasi pastilah kalian mengetahui sebutan ini. Komponen diagram merupakan salah satu model diagram di dalam diagram UML (Unifield Modelling Languange). Namun, apa sih yang membedakan model ini dengan model-model UML yang lainnya? Oke, pada artikel ini saya akan membahasnya dengan detail dan jelas. Terus lanjutin baca artikelnya yah sobat 😀

Pengertian dan Tipe dari Komponen Diagram

Di dalam diagram UML, komponen diagram ini berfungsi untuk menampilkan komponen yang ada di dalam system beserta dengan hubungan antar mereka sendiri. Model ini juga sering digunakan untuk menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen peranti lunak, termasuk ketergantungan (dependency) diantaranya.

Pengertian Komponen Diagram

Komponen diagram menggambarkan struktur dan hubungan antar komponen peranti lunak-nya. Komponen dari peranti lunak ini adalah modul-modul yang berisi code. Seperti : source code/binary code, library/executable, compile time/link time/run time. Pada umumnya, komponen diagram ini terbentuk dari beberapa class dan package. Tapi, dapat juga berasal dari komponen-komponen yang lebih kecil. Komponen ini juga dapat berupa interface, yaitu kumpulan layanan yang disediakan oleh sebuah komponen untuk komponen lainnya.

Tipe-Tipe Komponen Diagram

Didalam komponen diagram, terdapat 3 tipe model. Diantaranya adalah :

1. Deployment Component = merupakan tipe model yang menjadi basis dari executable system. Contohnya : DLL (Dynamic Library Link), Active X Control, Java Bean dan lain sebagainya.

2. Work Product Component = merupakan salah satu tipe model yang berisi atas file-file yang dibutuhkan untuk pembuatan deployment component. Contoh : file data, file source code, dan file penting lainnya.

3. Execution Component = ini merupakan tipe terakhir dari komponen diagram. Dimana model ini dibuat sebagai hasil dari sistem yang akan dijalankan.

Nah, itu merupakan sedikit pembahasan mengenai Pengertian dan Tipe dari Komponen Diagram. Komponen diagram ini merupakan salah satu model dari Unifield Modelling Languange (UML) yang dapat menggambarkan hubungan antar sistem beserta dengan komponen-komponen yang terlibat didalamnya. Model ini sangatlah penting untuk menjelaskan sistem, khususnya untuk para anak teknik informasi yang sedang ingin mengenalkan sistem dari softwarenya sendiri. Oke, sekian dari saya. Salam IT ^_^

Baca juga : Simbol dari Komponen Diagram (Noasi, Interface, Port)

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response