Komputer
Now Reading
Pengertian dari User-Visible Register pada Processor
1

Pengertian dari User-Visible Register – Halo teman-teman, tahu kah kalian bahwa user-visible register merupakan salah satu fungsi dari register pada processor? Pada artikel ini saya akan membahas mengenai user-visible mulai dari pengertiannya, hingga tipe-tipe fungsi ini.

Pengertian dari User-Visible Register

User-visible register merupakan salah satu fungsi dari register yang telah disesuaikan dengan bahasa mesin. Sehingga processor dapat menjalankan (execute) dan secara umum dapat beroperasi untuk menjalankan semua program, termasuk program aplikasi yang sama seperti program system. Pada user-visible register sendiri memiliki dua tipe fungsi, yaitu data register dan address register.

Data Register (Register Data)

Register data dapat dipakai ke berbagai bentuk fungsi yang dilakukan oleh programer. Dalam beberapa kasus, register data ini sering dipakai untuk kepentingan umum dan dapat dipakai pada mesin mana saja untuk melakukan suatu operasi pada data (general purpose register). Bagaimanapun juga pada register data ini diberi batasan-batasan sehingga hanya dapat dipakai untuk keperluan-keperluan tertentu (special purpose register).

Address Register (Register Alamat)

Register ini mengandung alamat data dan alamat instruksi dari main-memory, atau mengandung alamat yang digunakan untuk perhitungan alamat secara lengkap. Contoh dari address register ini adalah :

  1. Index Register (pengalamatan yang berindeks) merupakan bentuk umum dari pengalamatan yang melibatkan penambahan indeks ke nilai dasar untuk mendapatkan alamat yang efektif.
  2. Segmen Pointer (pengalamatan bersegmen) pada pengalamatan ini memori dibagi ke dalam segmen-segmen tertentu. Dimana setiap segmen berisi satu block memori yang mana panjangnya sangat bervariasi.
  3. Stack Pointer. Jika ada pengalamatan user-visible yang stack, maka secara umum stack ini terjadi langsung pada main-memory. Stack ini mengijinkan untuk menggunakan instruksi yang tidak mengandung field alamat, seperti push dan pop.
  4. Flag Register. Isi dari register ini merupakan hasil operasi dari processor. Register ini berisi kondisi-kondisi yang dihasilkan oleh processor, yang berkaitan dengan operasi yang baru saja dilaksanakan. Flag Register ini terlihat oleh user, tetapi hanya dapat diperbaharui oleh processor sebagai dampak dari operasi yang telah dijalankan.

Nah itu lah pembahasan dari User-Visible Register. Menarik bukan teman-teman? User-visible register merupakan salah satu fungsi dari register yang ada pada processor. User-visible ini sangatlah penting karena merupakan fungsi pengalamatan data di dalam sistem komputer. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga :  Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response