Pengetahuan
Now Reading
Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif
Sangat Bernilai
1
Bagaimana cara menghitung Massa Atom Relatif itu? Apa sih arti dari Massa atom relatif? Berikut adalah Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif ilmu kimia.

Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif –  Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Apakah kalian sudah membaca artikel pengetahuan kita yang sebelumnya mengenai Massa Atom Rata-Rata?. Nah, pada artikel kali ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita dengan membahas mengenai Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif. Ternyata selain kita bisa menghitung massa atom rata-rata, ternyata kita juga bisa menghitung massa atom relatif juga loh teman-teman. Massa atom dapat ditentukan dengan menggunakan alat spektrometer massa. Alat ini bukan neraca, tetapi suatu alat rekayasa teknologi yang mampu untuk menentukan massa partikel yang sangat kecil. Penasaran bukan bagaimana cara menghitung massa atom relatif ini? So, terusin baca artikel pengetahuan yang satu ini ya teman-teman 😀

Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif

Pada umumnya, mengukur massa adalah kegiatan membandingkan massa suatu benda terhadap benda yang lain, dimana massa benda pembanding disebut sebagai massa standar. Misalnya apabila kita menimbang gula dan diketahui bahwa massanya adalah 1 kg, maka sebenarnya massa gula tersebut adalah sama atau sebanding. Sebanding dengan massa anak timbangan 1 kg. Sebagai standar massa dalam penimbangan gula tersebut adalah massa anak timbangan.

Hal yang sama juga berlaku dalam menentukan massa suatu atom. Dalam menentukan massa atom, sebagai standar massa atom adalah massa 1 atom karbon-12 (atom karbon yang massanya 12 sma). Jadi, massa atom yang diperoleh dari pengukuran adalah massa atom relatif terhadap atom karbon-12. Dari pengukuran tersebut, diketahui bahwa massa atom hidrogen ternyata 0.08400 kali relatif terhadap massa atom C-12. Jika dihitung maka akan diperoleh bahwa massa atom hidrogen adalah 0.08400 x 12 sma atau 1,008 sma.

Massa atom relatif diberi lambang Ar, yaitu perbandingan massa rata-rata 1 atom terhadap 1/12 massa 1 atom C-12, atau secara matematis dapat dirumuskan sebagai berikut:

Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif

Rumus Massa Atom Relatif

Massa rata-rata atom X meupakan massa rata-rata dari semua isotop X yang ada di alam. Massa atom relatif tidak mempunyai satuan.

Contoh

1. Jika massa rata-rata 1 atom N adalah 14 sama, berapa massa atom relatif N?

Jawaban :

Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif 2

Jawaban Soal 1

2. Jika massa 1 atom C-12 adalah 1,99 x 1/10×26 kg, berapa massa rata-rata 1 atom magnesium? (Ar Mg = 24)

Jawaban :

Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif 3

Jawaban Soal 2

Oke teman-teman, itu adalah artikel pembelejaran kita kali ini mengenai Penjelasan dan Rumus Massa Atom Relatif. Sekarang kalian sudah bisa menghitung Massa Atom Relatif bukan? Jika kalian masih kurang jelas, kalian bisa lihat pada contoh soal di atas. Kalian juga bisa menuliskan hal yang ingin kalian tanyakan pada form komentar. Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semau ^_^

 

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response