Pengetahuan
Now Reading
Perbedaan ALU dan CU Pada CPU (Central Processing Unit)
0

Perbedaan ALU dan CU Pada CPU (Central Processing Unit) – Halo sobat sekalian. Ada yang tahu Perbedaan dari ALU dan CU pada CPU? Apasih ALU dan CU itu?. Nah pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai Perbedaan dari ALU dan CU pada CPU. ALU merupakan singkatan dari Arithmetic and Logic Unit, sedangkan CU merupakan singkatan dari Control Unit. Umumnya pada CPU (Central Processing Unit) terdiri dari 2 komponen utama, yaitu ALU dan CU. Dimana kedua komponen ini memiliki peran dan tugasnya tersendiri di dalam CPU. Nah, penasaran apa bedanya? So, terusin baca artikelnya yah teman-teman 😀

Perbedaan ALU dan CU

Siapa yang tidak mengenal CPU? CPU merupakan bagian terpenting pada suatu sistem komputer. CPU ini merupakan tempat pemrosesan instruksi-instruksi suatu program yang kita buat. Central Processing Unit (CPU) ini terdiri dari 2 bagian utama, yaitu Control Unit (CU) dan Arithmetic and Logic Unit (ALU). Dimana pada bagian Control Unit lebih mengatur pada pengendalian alat-alat input dan output. Sedangkan pada Arithmetic and Logic Unit lebih mengurusi tugas-tugas perhitungan aritmatika dan juga keputusan dari operasi logika.

Fungsi dari  Control Unit

Alur Pengerjaan Control Unit

Alur Pengerjaan Control Unit

Control Unit atau CU merupakan salah satu bagian utama dari CPU. Dimana bagian utama ini berfungsi dalam mengatur instruksi-instruksi dalam suatu pemrosesan. Baik itu instruksi dalam mengendalikan alat input dan output, maupun hingga pengambilan data memori. Berikut adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh Control Unit:

  • Control Unit berfungsi untuk mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
  • Mengambil instruksi-instruksi dari memori.
  • CU juga mengambil data dari memori jika diperlukan pada suatu proses tertentu.
  • Control Unit mengirimkan instruksi ke ALU jika ada perhitungan aritmatika ataupun perbandingan logika, serta CU juga berperan dalam mengawasi kinerja dari ALU itu sendiri.
  • Menyimpan hasil dari proses ke dalam memori.

Fungsi dari ALU

Struktur Alur dari Pengerjaan ALU

Struktur Alur dari Pengerjaan ALU

ALU merupakan singkatan dari Arithmetic and Logic Unit. Sama seperti CU, ALU ini juga merupakan bagian utama di dalam Central Processing Unit. Pada bagian ini, semua perhitungan, keputusan, dan juga operasi logika dilakukan dalam suatu pemrosesan. ALU hanya menerima suatu perintah (operation) dan memutuskannya dengan menggunakan Arithmetic Module ataupun Logic Module. Berikut adalah beberapa tugas dari ALU :

  • ALU melakukan semua jenis perhitungan aritmatika yang sesuai dengan instruksi suatu program.
  • ALU juga melakukan keputusan dari suatu operasi logika yang sesuai dengan instruksi program.
  • Arithmetic and Logic Unit ini dapat menerima suatu operasi logika. Operasi logika merupakan perbandingan dua buah nilai dengan menggunakan operator logika.
  • Operator logika seperti : =, <>, <, <=, >, >=.

Nah, itu adalah Perbedaan ALU dan CU pada Central Processing Unit. Menarik bukan teman-teman? Sekarang kalian pasti sudah mengertikan, mengapa komputer bisa menjalankan suatu operasi aritmatika dengan benar. ALU dan CU ini saling bekerja sama agar suatu proses dapat berjalan dengan baik sesuai dengan instruksi yang di perintahkan. Oke, sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

You must log in to post a comment