Pengetahuan
Now Reading
Perbedaan Software Bug dan Software Error
0

Perbedaan Software Bug dan Software Error – Halo sobat sekalian. Tahukah kalian apa perbedaan antara software bug dan software error itu? Pasti kalian pernah mengalami bug atau error kan saat menjalankan suatu aplikasi. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Perbedaan Software Bug dan Software Error. So, terusin baca artikelnya yah sobat 😀

Perbedaan Software Bug dan Software Error

Istilah bug sebenarnya pertama kali digunakan pada tahun 1947. Dimana saat itu komputer Mark II miliki Harvard University sedang mengalami masalah. Setelah diselidiki, penyebabnya adalah adanya seekor kutu yang mati di antara relay komputer. Sehingga mereka mendefinisikan itu sebagai software bug. Software bug adalah hal-hal yang menyebabkan suatu software tidak berjalan dengan baik, yang tidak atau belum diketahui sebelumnya. Jika sudah diketahui penyebabnya, maka disebut dengan error.

Klasifikasi Error :

Syntax Error : Kesalahan dalam penulisan perintah program.

Logical Error : Kesalahan dalam logika yang diberikan.

Runtime Error : Kesalahan saat program dijalankan.

Biasanya Software Error lebih mudah ditelusuri dibandingan dengan Software Bug. Umunya para development tools sudah menyediakan alat untuk mendeteksi syntax error.

Sedangkan Software Bug, tidak dapat dideteksi oleh development tools. Mengapa? Karena pada umumnya bug merupakan gabungan dari logical error dan runtime error yang sangat sulit untuk ditelusuri. Software Bug biasanya dapat ditelusuri oleh developer atau dari pihak para penguji.

Kesimpulan : Bug merupakan suatu hal yang menyebabkan software tidak dapat berjalan dengan baik, namun belum diketahui penyebabnya karena apa. Namun, jika kita sudah mengetahui penyebabnya. Maka bug itu disebut dengan error. Jadi, kalian sudah mengerti kan apa bedanya bug dengan error?

Oke teman-teman. Itu adalah pembahasan mengenai Perbedaan Software Bug dan Software Error. Pada artikel ini kalian akan mempelajari mengapa hal itu dapat disebut dengan bug atau error. Pada umumnya, error itu berasal dari bug yang telah di ketahui penyebabnya. Namun, tidak semua bug itu dapat menjadi error. Karena tidak semua bug dapat diketahui penyebabnya. Sekian dari saya, Salam IT ^_^

Baca juga : Manajemen Konflik : Five Conflict Handling Styles

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response