Pengetahuan
Now Reading
Pesan Terakhir Robot Opportunity Setelah Menjelajahi Mars 15 Tahun
Inovasi Baru
1
Pesan Terakhir Robot Rover "Opportunity" dari Planet MARS Untuk Para Awak di Bumi

Pesan Terakhir Robot Opportunity Setelah Menjelajahi Mars 15 Tahun – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Apakah kalian pernah mendengar bahwa ada robot yang menjelajahi planet Mars selama 15 tahun?? Pasti belum ya??. Nah, jika belum pada artikel kita kali ini saya akan membahas mengenai Pesan Terakhir Robot Opportunity Setelah Menjelajahi Mars 15 Tahun. Robot penjelajah Planet Mars yang bernama “Opportunity” merupakan program Mars Exploration Rover NASA yang telah berhasil menjelajahi planet Mars selama 15 tahun. Namun, pada bulan Februari tahun 2019 ini, dinyatakan bahwa robot penjelajah tersebut akan berhenti beroperasi. Dan sebelum robot ini berhenti, ia mengirimkan pesan terakhir kepada seluruh awak bumi. Apakah pesan terakhir itu? Penasaran bukan? So terusin baca artikel yang satu ini ya teman-teman 😀

Pesan Terakhir Robot Opportunity Setelah Menjelajahi Mars 15 Tahun

Pesan Terakhir Robot Opportunity Setelah Menjelajahi Mars 15 Tahun

Opportunity mendarat di Mars pada Januari 2004, tak lama setelah kembarannya, wahana jelajah bernama Spirit, melakukan pendaratan serupa. Bersama-sama, keduanya adalah bagian dari program Mars Exploration Rover NASA. Namun, Spirit terjebak di tanah setempat pada 2009, dan dinyatakan tidak berfungsi, dua tahun setelahnya. Sebaliknya, Opportunity terus bergerak di atas permukaan Mars dan mengirim kembali data ke Bumi, bertindak sebagai semacam ahli geologi di kawasan terpencil.

John Callas, manajer proyek Mars Exploration Rover, menilai perjalanan epik yang dilakukan oleh Opportunity sebagai hal “fenomenal”, dan “sangat memperluas pemahaman kita tentang Mars”. NASA akhirnya mengumumkan robot rover penjelajah planet Mars miliknya, Opportunity, telah berhenti beroperasi.Hal itu dipastikan setelah teknisi NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) tidak menerima respon dari robot rover tersebut.

Download Software Gratis dan Mudah di AkuGenius.com

Pesan Terakhir Robot Opportunity

Pesan Terakhir Robot Opportunity

Kondisi itu membuat NASA meyakini bahwa Opportunity tidak lagi berfungsi setelah melakukan misi penjelajahan selama 15 tahun di Mars. Kini, NASA mengungkap pesan terakhir yang dikirimkan robot rover penjelajah itu untuk awak di Bumi.

Dikutip dari Mirror, Sabtu (16/2/2019), pesan terakhir Opportunity itu diungkap oleh salah seorang ilmuwan NASA bernama Jacob Margolis. Menurutnya, pesan terakhir rover penjelajah itu dikirimkan pada 10 Juni 2018. Meski sebuat robot, pesan itu dianggap menyedihkan karena menggambarkan kondisi terakhir robot rover penjelajah tersebut. “Baterai saya sudah mau habis dan kondisi di sini mulai gelap,” tulisnya.

Selama 15 tahun pengembaraannya di Mars, Opportunity berhasil sejauh 45 kilometer, walaupun faktanya wahana tersebut dirancang efektif pada jarak 1.006 meter, dan bertahan tidak lebih dari 90 hari terakhir di planet merah. Opportunity akhirnya dihentikan oleh badai debu “bersejarah”, kata Abigail Fraeman, wakil ilmuwan proyek MER.

Kondisi Opportunity memang sempat bermasalah sejak Juni 2018. Ketika itu, robot rover tersebut terkena badai pasir besar yang membuatnya nyaris tidak dapat berfungsi.Akibat badai tersebut, baterai internal robot rover ini langsung terdampak sehingga membuatnya hibernasi selama delapan bulan.  Tidak hanya itu, panel solar robot rover ini juga rusak. Fraeman mengatakan badai telah mengubah langit begitu gelap sehingga Opportunity “tidak bisa menangkap sinar Matahari, sehingga panel surya tidak bisa mengisi ulang baterai”.

Itulah artikel kita kali ini yang membahas mengenai Pesan Terakhir Robot Opportunity Setelah Menjelajahi Mars 15 Tahun. Bagaimana teman-teman? Menarik bukan? Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian seputar dunia ya. Sekian dari saya, salam IT ^^

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
33%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response