Pengetahuan
Now Reading
Proses dan Model Proses Perangkat Lunak
0

Proses dan Model Proses Perangkat Lunak – Halo sobat sekalian. Apakah kalian sudah mengetahui bagaimana Proses dan Model Proses Perangkat Lunak itu? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Proses dan Model Proses di dalam Perangkat Lunak. Proses perangkat lunak merupakan serangkaian kegiatan atau aktivitas yang hasil-hasil relevannya menghasilkan suatu perangkat lunak. Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh perekayasa perangkat lunak. Penasaran kan prosesnya seperti apa? Oke, lanjutin baca artikelnya ya teman-teman 😀

Proses dan Model Proses Perangkat Lunak

Ada 4 kegiatan atau aktivitas pada Proses Perangkat Lunak, yaitu :

  1. Membuat Spesifikasi Perangkat Lunak = kegiatan ini menggambarkan fungsionalitas suatu perangkat lunak dan batasan-batasan kemampuan operasinya yang telah didefinisikan.
  2. Pengembangan Perangkat Lunak = setelah kita mengetahui spesifikasi kebutuhan dari perangkat lunak tersebut, maka perangkat lunak yang telah memenuhi spesifikasi tersebut harus segera diproduksi.
  3. Validasi Perangkat Lunak = Perangkat lunak harus sering divalidasi, mengapa? Karena untuk menjamin bahwa perangkat lunak tersebut melakukan apa yang seharusnya diinginkan/dibutuhkan oleh pelanggan.
  4. Evolusi Perangkat Lunak = Perangkat lunak juga haruslah dapat berkembang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dimasa yang akan datang.

Model proses dari Perangkat lunak merupakan deskripsi yang disederhanakan dari proses perangkat lunak yang dipresentasikan dengan sudut pandang tertentu. Model ini bisa mencakup kegiatan yang merupakan bagian dari proses perangkat lunak, produk perangkat lunak, dan peran orang yang terlibat pada rekayasa perangkat lunak (Perekayasa Perangkat Lunak). Berikut ini adalah contoh dari Jenis Model Proses Perangkat Lunak :

  • Model Aliran Kerja (WorkFlow= model proses ini menunjukkan kegiatan pada proses bersama dengan input, output dan ketergantungannya dalam mempresentasikan pekerjaan manusia.
  • Model Aliran Data (Data Flow= model yang mempresentasikan proses sebagai suatu set kegiatan yang dapat melakukan transformasi data. Dimana proses ini menunjukkan bagaimana input ke proses, contohnya : spesifikasi ditransformasikan menjadi sebuah output, misalnya menjadi desain.
  • Model Peran/Aksi = model yang satu ini dapat mempresentasikan peran orang yang terlibat pada perangkat lunak dan kegiatan apa saja yang menjadi tanggung jawab mereka.

Nah, itu adalah pembahasan singkat dari Proses dan Model Proses Perangkat Lunak. Untuk melakukan rekayasa perangkat lunak, pertama kali kalian harus mengetahui dahulu apa saja proses dan model proses yang akan kalian lakukan. Hal ini akan lebih mempermudah kalian dalam memahami dan memproduksi suatu perangkat lunak yang efisien dan baik untuk pelanggan anda. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak? (Software Engineering)

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response