Pengetahuan
Now Reading
Rincian Proses Terjadinya Page Fault Handling
0

Rincian Proses Terjadinya Page Fault Handling – Halo sobat Bierpinter sekalian. Siapa yang pernah mengalami Page Fault? Pasti kalian sangat sering mengalami peristiwa ini terutama di dunia kerja. Namun, apakah kalian mengerti bagaimana sih proses page fault itu terjadi? Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Rincian Proses Terjadinya Page Fault Handling. Page Fault Handling atau penanganan page fault ini merupakan salah satu materi di dalam Sistem Operasi. Dimana materi ini berkaitan dengan kerja sistem komputer dan juga sistem operasi. Penasarankan bagaimana proses terjadinya Page Fault itu? So, jangan kemana-mana ya guys. Tetap lanjutin baca artikelnya 😀

Rincian Proses Terjadinya Page Fault Handling

Page Fault

Rincian-rincian proses saat terjadi page fault adalah sebagai berikut ini :

  1. Hardware atau perangkat keras melakukan trap ke dalam kernel, dimana proses ini berfungsi untuk menyimpan program counter yang distack.
  2. Satu runtime assembly dimulai untuk menyimpan beberapa register umum dan informasi-informasi yang dapat hilang.
  3. Sistem operasi berfungsi untuk mengetahui apakah page fault telah terjadi atau belum dan juga menemukan virtual page yang diperlukan sebagai troubleshooting.
  4. Begitu alamat maya atau virtual address yang menyebabkan fault telah diketahui, sistem operasi akan langsung memeriksa apakah alamat tersebut valid dan konsisten terhadap proteksi.
  5. Jika page frame telah dimodifikasi, maka page akan dijadwalkan untuk meng-transfer ke disk dan terjadi context switch. Page frame akan menunda proses fault dan membiarkan atau menyilahkan proses lain berjalan hingga transfer disk selesai.
  6. Begitu page frame telah bersih, sistem operasi akan melihat page alamat disk yang diperlukan dan dijadwalkan oleh sistem operasi untuk membawanya sebagai frame yang akan disediakan.
  7. Ketika terjadi interupsi, disk akan mengindikasikan page yang telah tiba. Tabel-tabel page akan diperbaharui untuk menrefleksikan posisi page dan frame yang ditandai sebagai keadaan normal.
  8. Intruksi pada saat keadaan fault di-back up, ketika dimulai dan program counter direset untuk menunjuk ke instruksi tersebut.
  9. Proses fault akan dijadwalkan dan sistem operasi dapat mengembalikan ke runtime assembly yang memanggilnya.
  10. Runtime ini akan menyimpan kembali register-register dan informasi yang lainnya, serta mengembalikan ke ruang pemakai untuk melanjutkan eksekusi, seperti bila tidak terjadi fault sebelumnya.

Oke teman-teman, itu adalah proses-proses yang terjadi pada saat page fault. Jika kalian dapat mengetahui proses-proses yang terjadi ini, kalian dapat menangani segala bentuk page fault yang mungkin akan terjadi. Di dalam sistem operasi, page fault handling sangatlah penting terutama dalam menangani sistem yang rawan terjadi fault atau error. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Contoh Artificial Intelligence Software dan Fiturnya

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response