Komputer
Now Reading
Sejarah Munculnya Android (Sistem Operasi Smartphone)
Inovasi Baru
4
Siapa yang tidak mengenal Android? Siapa sih pencipta Android? Mengapa Android bisa unggul? Ini adalah Sejarah Munculnya Android (Sistem Operasi Smartphone).

Sejarah Munculnya Android (Sistem Operasi Smartphone) – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Siapa yang tidak mengenal istilah Android? Semua pasti memiliki Smartphone bukan? Nah, Android merupakan salah satu jenis sistem operasi di dalam Smartphone kamu lohh teman-teman. Bagaimana sih awal munculnya Sistem Operasi Android itu? Nah, pada artikel kita kali ini saya akan membahas mengenai Sejarah Munculnya Android (Sistem Operasi Smartphone). Sebenarnya, sistem operasi yang terdapat di dalam Smartphone sangat banyak sekali, misalnya: Symbian, Blackberry, Apple iOS, Windows Phone, Palm OS, dan termasuk Android. Namun, karena banyak sekali orang yang menggunakan sistem operasi Android, maka Android-lah yang biasanya kita kenal. Ingin tahu lebih lagi? Lanjutin baca artikelnya ya teman-teman 😀

Sejarah Munculnya Android (Sistem Operasi Smartphone)

Andy Rubin

Andy Rubin

Apa sih pengertian dari Android itu? Sistem operasi Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler, seperti telepon pintar (Smartphone) dan komputer tablet. Android menyediakan banyak sekali platform terbuka bagi para pengembang (developer) untuk dapat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk dapat digunakan oleh bermacam piranti bergerak.

Siapa sih pembuat sistem Android ini? Sistem Operasi Android diciptakan oleh Andy Rubin, yang lahir pada tahun 1962 dan dibesarkan di kota Chappaqua, New York. Andy Rubin merupakan putra dari seorang psikolog yang kemudian mendirikan perusahaan direct marketing sendiri.

Google Inc. membeli Android Inc. pada tahun 2005 karena Google melihat potensi dari pendatang baru yang membuat piranti lunak untuk ponsel pertama. Kemudian untuk dapat mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan piranti keras, piranti lunak, dan telekomunikasi. Termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Fitur Pada Android

Fitur-fitur yang tersedia di sistem operasi Android ini adalah:

  1. Memiliki Kerangka Aplikasi. Dimana memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  2. Dalvik mesin vitual. Fitur ini memungkinkan mesin virtual dapat dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  3. Grafik. Memiliki Grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  4. SQLite. Fitur yang digunakan untuk penyimpanan data.
  5. Mendukung media. Seperti: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3, AAC, AMR, JPG, PNG, GIF).
  6. GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (Hardware dependent).
  7. Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardwarenya).

Why Android?

Sejarah Munculnya Android (Sistem Operasi Smartphone)

Worldwide Smartphone OS Market Share

Seperti yang saya katakan pada sebelumnya, terdapat beberapa sistem operasi pada Smartphone kita. Seperti: Symbian, Blackberry, Apple iOS, Windows Phone, Palm OS, dan juga Android. Lalu kenapa banyak sekali kalangan memilih sistem operasi Android pada Smartphone mereka? Karena sistem operasi Android ini bersifat Open Source. Memiliki Largest Market Share (produk penjualan pada pasar terbesar) dan terus berkembang. Full Support from Google, dan pembuatan aplikasi Android ini sangatlah luas dan mudah dibuat.

Oke teman-teman, itu adalah artikel kita kali ini mengenai Sejarah Munculnya Android (Sistem Operasi Smartphone). Sekarang kalian sudah tau bukan apa itu Android? Ternyata Android itu merupakan sistem operasi pada Smartphone (telepon pintar) kita ya. Dan ternyata sistem operasi pada Smartphone bukan Android saja lohh, ternyata banyak juga, namun yang terkenalnya adalah Android karena penjualan produk pasar yang terbesar di dunia. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
4 Comments

Leave a Response