Pengetahuan
Now Reading
Pengertian dan Komponen dari Sistem Komputer
0

Sekilas Mengenai Sistem Komputer – Halo teman-teman, tahukah kalian komputer yang terdapat pada rumah kalian memiliki suatu sistem dan struktur yang berbeda-beda? Apa saja sih komponen-komponen yang berperan di dalam komputer itu? Pada artikel ini saya akan membahas sekilass mengenai sistem komputer.

Sistem Komputer

Sistem komputer terdiri atas suatu Sistem Operasi atau Operating System (OS) yang dapat memanfaatkan sumber daya hardware dari satu atau lebih processor unutk menyediakan sekumpulan pelayanan ke system user. Sistem operasi juga mengatur secondary memory dan peralatan input/output (I/O).
Komputer terdiri atas processor, memory dan komponen I/O, dimana komponen-komponen ini saling dihubungkan antara satu dengan yang lain, hubungan ini sering disebut juga dengan interkoneksi. Komponen-komponen ini lah yang membuat komputer dapat berjalan secara optimal dalam pengerjaannya.

Komponen Utama dalam Sistem Komputer

  1. Processor. Komponen ini berfungsi untuk mengatur kinerja dari komputer dan melakukan fungsi pengolahan dataProcessor terdiri dari bagian ALU (aritmatic logical unit) untuk komputasi dan bagian CU (control unit) untuk pengendalian sistem. Dalam Processor juga terdapat sebutan Register. Dimana register ini merupakan memory yang cepat dan biasanya digunakan sebagai tempat pertukaran suatu operasi yang akan dilaksanakan. Register membantu pelaksanaan operasi yang dilakukan oleh processor.
  2. Main Memory. Komponen ini berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori ini bersifat tidak permanen. Memori juga sering disebut sebagai real memory atau primary memory.
  3. I/O Module. Komponen ini memiliki tugas untuk memindahkan data antara komputer dengan lingkungan luar. Lingkungan luar ini bisa berupa suatu alat yang memiliki secondary memory (seperti Flash Disk), peralatan komunikasi dan terminal.
  4. System interconnection. Komponen ini merupakan struktur dan mekanisme yang disediakan  atau berfungsi untuk komunikasi antar processor, main memory dan I/O module.

Skema blok sistem komputer :

Sistem Komputer

Oke teman-teman, itu merupakan pembahasan sekilas mengenai Sistem Komputer. Seru bukan? Komponen-komponen utama pada sistem komputer tersebut sangatlah penting. Kalian pun dapat memilih komponen-komponen yang memiliki kualitas yang cukup baik untuk menambah kinerja komputer kalian. Sekian dari saya… Salam IT ^_^

Baca juga : Algoritma Penggantian Page LRU

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response