Biologi
Now Reading
Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup
Sangat Bernilai
1
Ada 10 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Mulai dari Molekul, Sel, Jaringan, Organ, Sistem Organ, Organisme, Populasi, Komunitas, Ekosistem, Biosfer beserta dengan contohnya.

Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup – Halo sobat Bierpinter sekalian. Apakah kalian sudah mengetahui Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup itu apa? Bagi anak-anak IPA atau biologis pasti sudah mengenal dan mengetahui mengenai hal ini. Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai pelajaran Biologi, yaitu mengenai Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Di dalam kehidupan kita pasti memiliki suatu tingkatan organisasi kehidupan. Penasarankan apa saja Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup itu? So, jangan kemana-mana ya teman-teman. Terusin baca artikelnya 😀

Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Sebenarnya semua objek berupa 5 atau 6 kingdom di dalam kehidupan dapat dikaji pada sebuah tingkatan organisasi kehidupan yang meliputi 10 tingkatan. Yaitu mulai dari tingkat molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu (organisme), populasi, komunitas, ekosistem dan biosfer. Nah, disini kita akan membahas mengenai tingkatan tersebut.

1. MolekulSistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Molekul merupakan sekumpulan unsur-unsur yang membentuk suatu senyawa kimia. Contoh objek kajian pada tingkat ini, yaitu molekul penyusun karbohidrat, protein, lemak, DNA/RNA, virus, dan lain sebagainya.

2. Sel

Sel adalah sebuah unit struktural dan fungsional terkecil di dalam makhluk hidup. Contoh objek dari sel ini antara lain adalah : Struktur Monera dan Protista, perbandingan sel hewan dan sel tumbuhan, metabolisme sel, perbandingan sel prokariotik dan eukariotik, dan juga teknologi kloning pada hewan dan manusia.

3. Jaringan

Jaringan merupakan kumpulan dari beberapa sel yang mempunyai asal, bentuk, ukuran, dan fungsi yang sama. Contoh jaringan yang ada pada manusia, yaitu : jaringan epitel, jaringan tulang, jaringan saraf, dan lain-lain. Contoh objek lainnya, seperti : struktur dan fungsi jaringan organisme serta teknologi kultur jaringan.

4. Organ

Organ merupakan sekumpulan dari bermacam-macam jaringan yang berfungsi untuk melaksanakan tugas tertentu. Contoh organ pada manusia, yaitu : jantung, paru-paru, dan lambung. Sedangkan contoh objek lainnya, seperti : teknologi transplantasi organ.

5. Sistem Organ

Sistem Organ adalah kumpulan dari beberapa organ yang melakukan fungsi atau tugasnya tertentu. Contoh sistem organ pada manusia, yaitu : sistem gerak, sistem pernapasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi, sistem koordinasi, sistem ekskresi, dan sistem peredaran darah.

6. Organisme

Organisme atau yang sering disebut dengan Individu merupakan sebutan untuk setiap makhluk hidup tunggal. Pada makhkluk hidup tunggal seluruh aktivitas kehidupannya telah dilakukan secara mandiri. Contoh objek dari tingkatan ini adalah anatomi dan fisiologi.

7. Populasi

Populasi adalah sekumpulan individu atau organisme yang sejenis pada suatu daerah yang sama dan dalam kurun waktu tertentu. Contoh objek populasi ini adalah kepadatan populasi dan polimorfisme pada rayap, populasi badak jawa, dan populasi harimau sumatera.

8. Komunitas

Komunitas merupakan kumpulan dari berbagai populasi pada suatu daerah yang sama dan dalam kurun waktu yang sama. Setiap populasi memiliki jabatan fungsional (nisia) tertentu. Contoh objek dari komunitas ini adalah komunitas di daratan, lautan atau perairan air tawar yaitu komunitas sawah, komunitas danau, dan komunitas karang.

9. Ekosistem

Ekosistem adalah kesatuan komunitas dan lingkungan yang saling berinteraksi satu sama lain dan membentuk hubungan timbal balik. Contoh dari ekosistem ini adalah ekosistem hutan dan ekosistem akuarium.

10. Biosfer

Biosfer merupakan kumpulan ekosistem dalam skala luas yang berada di seluruh permukaan bumi. Biosfer terbentuk oleh bioma-bioma, yaitu kumpulan spesies (terutama tumbuhan) pada daerah tertentu di bumi yang dicirikan dengan vegetasi tertentu yang dominan dan terlihat jelas di tempat itu. Biasanya bioma diberi nama sesuai dengan vegetasi yang dominan ditempat tersebut, seperti bioma hutan tropis, bioma tundra, bioma padang rumput, bioma taiga, dan lain sebagainya.

Oke teman-teman, itu adalah penjelasan mengenai Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup beserta dengan contohnya. Pembelajaran ini merupakan salah satu dasar dari materi Biologi. Nah, jika artikel ini sungguh bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk like, share, comment, dan pilih jenis emotional kalian terhadap artikel ini ya sobat. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
11%
Suka Sekali
0%
Keren
78%
Kagum
11%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response