Komputer
Now Reading
Sistem Training dan Sistem Maintenance RPLL
Terbaik
1
Setelah kita selesai membuat sebuah sistem, kita memerlukan proses training dan maintenance. Berikut adalah Sistem Training dan Sistem Maintenance RPLL.

Sistem Training dan Sistem Maintenance RPLL – Halo sobat sekalian. Apakah kalian tahu apa itu training dan maintenance di dalam suatu sistem? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Sistem Training dan Sistem Maintenance RPLL. Sistem Training dan Sistem Maintenance merupakan suatu komponen yang sangat penting di dalam suatu sistem. Sistem Training atau bisa disebut dengan proses pelatihan lebih berfokus untuk melatih user terhadap sistem baru. Sedangkan Sistem Maintenance merupakan proses pemeliharaan sistem pada saat sudah digunakan oleh user. Ingin tahu lebih banyak lagi? So, lanjutin baca artikel ini ya sobat 😀

Sistem Training dan Sistem Maintenance RPLL

1. Sistem Training

System Training

System Training

Sistem Training merupakan proses pelatihan yang diberikan untuk user atau pengguna yang berada pada lingkungan sistem baru. Sistem ini dilakukan untuk membangun kemampuan user dalam mengoperasikan kegiatan operasi sehingga dapat berhasil dengan baik pada saat menjalankan sistem baru ini. Ada beberapa jenis training, yaitu :

  1. Tutorial, yaitu setiap orang dilatih pada waktu tertentu oleh instruktur atau latihan tertulis.
  2. Course atau kursus, yaitu beberapa orang dilatih sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.
  3. CAI atau Computer Aided Instruction, merupakan sebuah pelatihan khusus untuk komputer. Setiap orang dilatih melalui sistem komputer.
  4. Interactive Training Manual (ITM), yaitu pelatihan interaktif yang merupakan gabungan dari CAI dan tutorial.
  5. Resident Expert, yaitu pelatihan secara privat dengan cara memanggil pakar untuk membantu user pada saat diperlukan.
  6. Software Help Components, yaitu sistem built-in untuk melatih dan memecahkan/menyelesaikan suatu masalah tertentu.
  7. External Sources, yaitu suatu pelatihan yang diselenggarakan oleh vendor atau penjual dan juga lembaga pendidikan kursus komputer.

2. Sistem Maintenance

Sistem Maintenance

Sistem Maintenance

Sistem Maintenance atau yang disebut dengan sistem pemeliharaan merupakan proses dimana sistem dijaga agar dapat bekerja dan beroperasi dengan lengkap sesuai dengan sistem yang seharusnya. Ada beberapa jenis proses maintenance, yaitu :

  1. Corrective atau perbaikan, yaitu proses memperbaiki kecacatan pada saat proses desain, pemrograman, atau pada saat proses implementasi.
  2. Adaptive atau penyesuaian, yaitu proses mengembangkan kinerja fungsionalitas untuk mengakomodasi perubahan yang akan diperlukan.
  3. Perfective atau penyempurnaa, yaitu meningkatkan kinerja atau interface dengan cara penambahan fitur sistem.
  4. Preventive atau pencegahan, yaitu mengubah sistem untuk mengurani kegagalan sistem di masa yang akan datang.

Oke teman-teman, itu adalah pembahasan mengenai Sistem Training dan Sistem Maintenance RPLL. Pada saat kita membuat sistem (khususnya sistem perusahaan), sistem training dan maintenance merupakan sistem yang sangat penting. Mengapa? Karena sistem training dan maintenance ini akan berhubungan dengan kinerja user dan kinerja sistem di masa yang akan datang setelah sistem selesai dan diberikan kepada pengguna (user). Oke guys, jika artikel ini bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa ya untuk like, share, comment, dan juga pilih jenis emotional kalian terhadap artikel ini ya sobat. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 13 Juli 2018 at 11:17 PM

    Sistem Training dan Sistem Maintenance sangatlah penting lohh teman-teman. Khususnya pada saat tahap Implementasi selesai 🙂

Leave a Response