Pengetahuan
Now Reading
Strategi Mengatasi Konflik Antar Pribadi dan Organisasi
0

Strategi Mengatasi Konflik Antar Pribadi dan Organisasi – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Strategi dalam Mengatasi Konflik baik Antar Pribadi maupun Organisasi. Di dalam kehidupan kita, kita pasti sangat sering mengalami suatu konflik hidup, baik dengan orang lain maupun dengan suatu organisasi. Konflik ini sering kali merusak hubungan kita dengan orang lain atau bahkan menimbulkan dampak yang negatif pada organisasi kita sendiri. Nah, penasaran bagaimana cara mengatasi konflik itu? Terusin baca artikelnya yah sobat 😀

Strategi Mengatasi Konflik Antar Pribadi dan Organisasi

1. Strategi Mengatasi Konflik Antar Pribadi

Konflik antar pribadi berbicara tentang hubungan kita dengan orang lain. Masalah yang sering muncul (konflik) ini yang akan menentukan bagaimana hubungan kita akan berjalan dikemudian harinya. Jika kalian sedang mengalami konflik antar pribadi, kalian dapat menggunakan beberapa strategi ini untuk mengatasi konflik tersebut:

A. Strategi Kalah-Kalah (lose-lose strategy) = strategi ini biasanya jika ada individu yang sedang bertikai, kalian dapat mengambil suatu jalan kompromi atau membayar orang yang terlibat konflik atau menggunakan jasa pihak ketiga sebagai penengahnya. Ada 2 tipe campur tangan pihak ketiga, yaitu :

  • Arbitrasi (arbitration) : jika setelah mendengarkan kedua belah pihak, maka pihak ke tiga akan berlaku sebagai hakim.
  • Mediasi (mediation) : pihak ke tiga menjadi mediator, tidak punya wewenang secara langsung, dan hanya merekomendasikan dan tidak mengikat.

B. Strategi Menang-Kalah (win-lose strategy) = strategi ini menjelaskan bahwa jika ada satu pihak yang menang, maka yang lain kalah.

C. Strategi Menang-Menang (win-win strategy) = strategi ini merupakan suatu penyelesaian yang dipandang manusiawi. Dimana strategi ini menciptakan interaksi yang membangkitkan rasa aman, perasaan dihargai, dan kondusif. Tujuan dari strategi ini adalah menolong untuk memecahkan masalah dari sumber konflik.

2. Strategi Mengatasi Konflik Organisasi

Strategi yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi konflik di dalam suatu organisasi adalah :

A. Pendekatan Birokratis = dilakukan pada konflik yang terjadi karena struktur birokratis yang bersifat vertikal.

B. Pendekatan Intervensi Otoritatif dalam Konflik Lateral = pendekatan ini dilakukan pada konflik literal. Biasanya diselesaikan oleh pihak-pihak yang bersangkutan. Bila tidak ada jalan keluar, manajer akan melakukan intervensi otokratif.

C. Pendekatan Sistem = mengkoordinasikan suatu penyelesaian konflik yang biasanya dipandang sebagai kesatuan sistem yang saling berhubungan.

D. Reorganisasi Struktural = dengan cara merubah struktur organisasi.

Oke teman-teman, itu adalah Strategi Mengatasi Konflik Antar Pribadi dan Organisasi. Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi konflik yang kalian alami baik itu dengan orang sekitar kita maupun konflik yang ada di dalam suatu kelompok atau organisasi. Kalian dapat melakukan pendekatan-pendekatan di atas untuk menjadi penyelesaian konflik kalian. Sekian dari saya, Salam IT ^_^

Baca juga : Manajemen Konflik : Five Conflict Handling Styles

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response