Biologi
Now Reading
Struktur Tubuh dan Cara Hidup dari Virus (Biologi)
Inovasi Baru
1
Struktur Tubuh dan Cara Hidup dari Virus (Biologi) sangatlah sederhana. Virus tersusun dari beberapa bagian, seperti : materi genetik, kapsid, lipoproten, dan nukleokapsid.

Struktur Tubuh dan Cara Hidup dari Virus (Biologi) – Halo sobat Bierpinter sekalian. Jika pada artikel biologi sebelumnya, kita telah membahas mengenai Ciri dan Bentuk Ukuran Tubuh dari Virus, maka sekarang kita akan melanjutkannya kembali dengan membahas Struktur Tubuh dan Cara Hidup dari Virus (Biologi). Pada umumnya, struktur tubuh dari virus itu sangatlah sederhana lohh teman-teman. Di dalam struktur tubuhnya, terdapat beberapa bagian-bagian yang memiliki fungsinya tersendiri. Mulai dari materi genetik, kapsid, nukleokapsid, hingga lipoprotein. Nah, ingin tahu lebih kan dari Struktur Tubuh dan Cara Hidup Virus ini? Terusin baca artikel pembelajaran yang satu ini ya teman-teman 😀

Struktur Tubuh dan Cara Hidup dari Virus (Biologi)

Struktur Tubuh dan Cara Hidup dari Virus (Biologi)

Struktur Tubuh Virus

Sebenarnya virus itu merupakan organisme aselular yang memiliki struktur yang sangat sederhana. Virus tidak dapat melakukan reaksi kimia, bahkan hanya dapat memperbanyak diri hanya bila berada pada organisme hidup yang lain. Contohnya hidup pada embrio, jaringan hewan, atau juga tumbuhan. Di dalam tubuh virus itu tidak terdapat protoplasma dan organel, seperti ribosom dan mitokondria.

Tidak seperti organisme seluler juga, virus sebagai organisme aseluler memiliki struktur yang sangat sederhana. Terdapat bagian-bagian tubuh virus yang dapat berasal dari bagian tubuh sel yang ditumpanginya. Beberapa bagian-bagian tubuh dari virus, yaitu :

  1. Materi genetik atau molekul pembawa sifat yang dapat diturunkan. Materi genetik ini terdiri atas RNA ataupun DNA. Setiap jenis virus sebenarnya hanya memiliki satu molekul materi genetik, yatu RNA saja atau DNA saja. Berdasarkan jenis materi genetiknya, virus diklasifikasikan menjadi dua, yaitu virus DNA dan virus RNA yang dari masing-masing kelompok menimbulkan penyakit yang berbeda-beda.
  2. Kapsid, merupakan suatu protein pelindung DNA atau RNA dan sebenarnya adalah pembentuk tubuh dari virus. Kapsid itu disusun oleh unit-unit yang disebut dengan kapsomer. Kapsid bisa berbentuk bulat ataupun heliks, dan terdiri atas protein yang disandikan oleh genom virus.
  3. Nukleokapsid, merupakan struktur campuran antara inti dan kapsid.
  4. Beberapa virus, seperti virus herpes, AIDS, dan influenza, memiliki suatu selubung yang disusun oleh lipoprotein. Lipoprotein merupakan gabungan dari lipid dan protein. Pembungkus tersebut berasal dari membran sel inangnya.

Cara Hidup Virus

Bagaimana sih cara hidup dari virus itu? Virus sebenarnya memiliki struktur tubuh yang sangatlah sederhana. Tidak bisa melakukan reaksi kimia, seperti sintesis makanan ataupun respirasi. Jadi bagaimana virus dapat tetap hidup? Cara hidup virus adalah parasit obligat pada sebuah organisme lain, atau yang disebut juga dengan endoparasit obligat. Karena hanya mampu hidup secara parasit di dalam sel hidup saja. Masing-masing jenis hidup akan mengenali dan menginfeksi sel tertentu, sehingga virus bersifat sangat spesifik. Terdapat virus yang hanya menginfeksi sel tumbuhan saja ataupun sel hewan saja. Tetapi ada juga jenis virus yang dapat menginfeksi hewan dan atau manusia, misalnya saja virus H5NI atau yang sering disebut dengan flu burung.

Nah, itu adalah artikel pembelajaran kita hari ini yang membahas mengenai Struktur Tubuh dan Cara Hidup dari Virus (Biologi). Semoga dengan artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian semua guna menambah wawasan ilmu pengetahuan, khususnya mengenai virus. Oke, sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response