Komputer
Now Reading
Teknik dan Cara Kerja Convolutional Neural Network
Inovasi Baru
4
Algoritma untuk Object Recognition dan Object Detection adalah CNN. Berikut adalah Teknik dan Cara Kerja Convolutional Neural Network (CNN).

Teknik dan Cara Kerja Convolutional Neural Network – Halo sobat Bierpinter yang terkasih sekalian. Kalian tahu tidak, bahwa teknik dari Convolutional Neural Network atau CNN menjadi peran yang sangat penting di dalam Object Recognition. Namun, apa sih Convolutional Neural Network itu? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Teknik dan Cara Kerja Convolutional Neural Network. CNN atau Convolutional Neural Network merupakan salah satu algoritma yang paling sering digunakan (populer) di dalam teknik Deep Learning. Jika kalian belum mengetahui apa itu Deep Learning, kalian bisa lihat pada artikel sebelumnya ya 😀

Teknik dan Cara Kerja Convolutional Neural Network

Apa itu Convolutional Neural Network? CNN ini sering sekali disebut dengan Jaringan Saraf Buatan. Dimana model algoritma ini digunakan untuk melakukan tugas klasifikasi langsung melalui gambar, video, teks, ataupun suara. CNN ini juga merupakan salah satu algoritma yang paling populer di dalam teknik Deep Learning.

Jika kalian menggunakan CNN, kalian bisa menemukan pola dalam gambar untuk dapat mengenali suatu objek, wajah, dan adegan. Kenapa bisa? Karena algoritma ini dapat belajar langsung dari data gambar dimana menggunakan pola untuk mengklasifikasikan suatu gambar dan menghilangkan kebutuhan atas ekstrasi fitur secara manual.

Manfaat Convolutional Neural Network

Alur Kerja Convolutional Neural Network

Alur Kerja Convolutional Neural Network

Alasan mengapa algoritma Convolutional Neural Network menjadi populer di dalam teknik Deep Learning karena memiliki tiga faktor penting. Yaitu:

  1. CNN dapat menghilangkan kebutuhan untuk ekstraksi fitur secara manual. Fitur-fitur tersebut dipelajari langsung oleh algoritma ini.
  2. CNN juga dapat menghasilkan pengenalan state-of-the-art.
  3. Algoritma CNN dapat dilatih kembali untuk tugas-tugas dalam pengenalan suatu objek yang baru, yang memungkinkan kalian untuk membangun di jaringan yang sudah ada sebelumnya.

Peran CNN dalam Object Recognition dan Object Detection

Teknik dan Cara Kerja Convolutional Neural Network

Jaringan Sederhana di dalam Klasifikasi

Mengapa CNN dapat berperan di dalam Object Recognition dan Object Detection? Karena CNN menyediakan arsitektur yang optimal untuk pengenalan suatu gambar dan deteksi pola. Algoritma ini dikombinasikan dengan kemajuan di dalam GPU dan komputasi paralel. CNN adalah teknologi dasar yang menjadi kunci perkembangan baru di dalam pengemudian otomatis dan pengenalan wajah.

Cara Kerja Convolutional Neural Network

Sebuah CNN dapat memiliki puluhan atau ratusan lapisan yang masing-masing lapisannya belajar untuk mendeteksi fitur-fitur yang berbeda dari suatu gambar. Convolutional Neural Network akan memfilter ke setiap gambar pelatihan yang diterapkan pada resolusi yang berbeda-beda, dan output dari setiap gambar yang dikonvolusi akan digunakan sebagai input ke lapisan berikutnya. Filter ini dapat dimulai dari yang sederhana, seperti kecerahan (brightness) dan tepian (edges), dan peningkatan dalam kerumitan ke fitur secara unik dalam mendefinisikan suatu objek. Sehingga CNN ini dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasi gambar, teks, suara, dan video.

 Oke teman-teman, itu adalah artikel kita kali ini mengenai Teknik dan Cara Kerja Convolutional Neural Network. Masih banyak sekali hal-hal yang kalian harus ketahui dan pelajari di dalam Convolutional Neural Network jika kalian ingin menerapkan Object Recognition dan Object Detection ini. Oke teman, sampai sini dulu ya. Nanti akan saya lanjutkan pada artikel selanjutnya, tetap nantikan ya. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
33%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
17%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
4 Comments

Leave a Response