Biologi
Now Reading
Ukuran dan Struktur Tubuh dari Bakteri Biologi
Inovasi Baru
1
Bagaimana sih Ukuran dan Struktur Tubuh dari Bakteri Biologi itu? Berikut adalah ukuran dan struktur tubuh bakteri beserta dengan fungsi-fungsinya.

Ukuran dan Struktur Tubuh dari Bakteri Biologi – Halo teman-teman sekalian. Jika pada artikel biologi sebelumnya kita telah banyak membahas mengenai Virus, maka sekarang kita akan pindah ke Bakteri. Menurut kalian, apakah virus lebih besar dari bakteri atau sebaliknya? Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai Ukuran dan Struktur Tubuh dari Bakteri Biologi. Sebenarnya, tubuh virus itu lebih kecil dibandingkan dengan bakteri. Jika virus memiliki ukuran 20-300 nanometer, kalau bakteri memiliki ukuran tubuh 0.5-5 nanometer. Sedangkan Struktur Bakteri itu seperti apa? Nah, jangan kemana-mana ya. Terusin baca artikel yang satu ini 😀

Ukuran dan Struktur Tubuh dari Bakteri Biologi

Apakah kita dapat melihat bakteri? Bakteri itu termasuk makhluk renik. Satuan tubuhnya adalah mikron, dimana 1 mikron sama dengan 1/1000 milimenter. Ukuran tubuh bakteri berkisar antara 0.5-5 nanometer, sedangkan panjang selnya berkisar antara 0.1-100 nanometer. Karena ukurannya sangat kecil, maka tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Bakteri dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Karena transparan, maka untuk melakukan pengamatan bakteri perlu dilakukan pewarnaan atau pengecatan terlebih dahulu.

Struktur Tubuh Bakteri

Ukuran dan Struktur Tubuh dari Bakteri Biologi

Stuktur tubuh bakteri

Sel tubuh bakteri itu sebenarnya menyerupai sel tumbuhan. Bagian-bagian sel suatu bakteri terdiri atas dinding sel, selaput plasma, dan sitoplasma. Berikut adalah beberapa struktur tubuh yang ada di dalam tubuh bakteri:

1. Dinding Sel

Dinding sel merupakan bagian yang cukup kuat dan tersusun atas zat hermiselulosa. Zat lain yang terdapat pada dinding sel bakteri adalah peptidoglikan, zat ini menyebabkan kakunya dinding sel. Fungsi dari dinding sel ini adalah sebagai pelindung bagian tubuh bakteri, pemberi bentuk tubuh dan juga untuk menghindari pecahnya sel ketika air dalam jumlah berlebih masuk ke dalam sel.

2. Membran Sel

Bagian tubuh yang satu ini merupakan lapisan sebelah dalam dinding sel. Membran sel merupakan selaput lipoprotein yang berfungsi sebagai pintu gerbang masuk dan keluarnya zat dari luar dan ke dalam sel.

3. Sitoplasma

Sitoplasma terrdapat di sebelah dalam selaput plasma. Pada bagian sitoplasma ini, terdapat bagian organel yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan hidup, seperti respirasi sel, sintesis sel, dan lain sebagainya.

4. Materi Genetik

Bagian ini terdapat pada kromosom bakteri. Kromosom ini mengandung ratusan materi genetik yang terpusatkan pada nukleoid.

5. Flagellum

Bagian yang satu ini dimiliki oleh beberapa jenis bakteri yang dapat bergerak. Berdasarkan keberadaan dan letak flagellumnya, bakteri dapat dibedakan menjadi lima, yaitu:

  • Atrik,yaitu bakteri yang tidak memiliki flagellum.
  • Monotrik, yaitu bakteri yang mempunyai satu flagellum pada ujung tubuhnya.
  • Amfitrikyaitu bakteri yang memiliki dua kelompok flagellum yang masing-masing terdapat di ujung tubuhnya.
  • Lofotrik, yaitu bakteri yang memiliki sekelompok flagellum pada salah satu ujung tubuhnya.
  • Peritrik, yaitu bakteri yang memiliki flagellum di seluruh permukaan tubuhnya. Contohnya bakteri berflagel, yaitu Azotobacter dan Rhizobium.

6. Plasmid

Plasmid merupakan materi genetik tambahan yang hanya mengandung beberapa gen. Biasanya gen pada plasmid ini berperan dalam sifat resistensi terhadap antibiotik.

7. Endospora

Bagian yang terakhir ini adalah spora yang dapat dibentuk di dalam sel bakteri. Spora tersebut memiliki dinding tebal, kuat, dan tahan terhadap pemanasan, kekeringan, dan juga radiasi. Spora dapat bertahan lama sampai keadaan lingkungan sesuai untuk pertumbuhan bakteri.

Nah, itu merupakan artikel biologi kita mengenai Ukuran dan Struktur Tubuh dari Bakteri Biologi. Semoga dengan adanya artikel ini, kalian jadi lebih mengetahui dari ukuran dan struktur tubuh di dalam bakteri tersebut. Semua bagian dari tubuh bakteri memiliki fungsi dan kerjanya masing-masing untuk menjaga kelangsungan hidup bakteri. So, sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 3 Agustus 2018 at 5:34 PM

    Sel tubuh bakteri itu sebenarnya menyerupai sel tumbuhan. Bagian-bagian sel suatu bakteri terdiri atas dinding sel, selaput plasma, dan sitoplasma.

Leave a Response