Biologi
Now Reading
Urutan Tingkatan Takson (Belajar Biologi Mudah)
Sangat Bernilai
1
Klasifikasi Makhluk Hidup. Ternyata terdapat beberapa Urutan Tingkatan Takson (Belajar Biologi Mudah) di dalam Klasifikasi Makhluk hidup lohh. Yaitu : Kingdom, Filum, Class, Ordo, Famili, Genus, Spesies.

Urutan Tingkatan Takson (Belajar Biologi Mudah) – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Apakah kalian pecinta Biologi? Jika ia, tentunya harus kalian tahu nih apa saja Urutan Tingkatan di dalam Takson. Mulai dari tingkatan yang tertinggi hingga yang terendah. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahasnya secara jelas dan lengkap dari setiap urutan tingkatan takson. Pada dasarnya, urutan tingkatan di dalam takson ada 7 tingkatan. Apa saja sih ketujuh tingkatan takson tersebut? Penasaran bukan? So, terusin baca artikel pembelajaran yang satu ini ya teman-teman ūüėÄ

Urutan Tingkatan Takson (Belajar Biologi Mudah)

Urutan Tingkatan Takson (Belajar Biologi Mudah)

Pada umumnya, pengelompokan makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri dan sifat. Makhluk hidup yang memiliki ciri sama akan dimasukkan ke dalam satu kelompok yang sama. Bila di dalam kesamaan tersebut terdapat perbedaan, maka makhluk hidup tersebut dipisahkan menjadi kelompok yang lebih kecil. Ketika ditemukan perbedaan ciri dalam kesamaan tersebut, dihasilkan kelompok-kelompok makhluk hidup yang disebut dengan takson. Dengan tingkat yang besar tetapi di antara anggotanya memiliki banyak perbedaan. Sebaliknya, jika semakin rendah tingkatan taksonnya, maka semakin sedikit pula jumlah anggotanya, tetapi memiliki banyak persamaan. Urutan tingkatan takson dari yang tertinggi hingga yang terendah, yaitu :

1. Kingdom

Kingdom atau kerajaan merupakan tingkatan takson yang tertinggi. Kingdom beranggotakan semua makhluk hidup di dunia.

2. Filum/Divisio

Dengan memerhatikan perbedaan yang ada, setiap kingdom dapat dibedakan menjadi dua atau lebih kelompok besar. Yang biasanya jumlah anggotanya lebih kecil dari kingdom. Kelompok tersebut pada hewan dikenal dengan istilah filum, sedangkan pada tumbuhan dikenal sebagai istilah divisi. Pengelompokan tersebut didasarkan kepada ciri-ciri umum yang dimilikinya. Misalnya, dunia tumbuhan dibedakan menjadi filum Bryophyta, Pteridophyta, dan Spermatophyta.

3. Class

Setiap filum atau divisi dapat dibagi lagi ke dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil, yaitu class atau kelas. Dasar pengelompokannya menggunakan ciri atau sifat yang masih umum. Misalnya, filum Arthropoda dibedakan menjadi beberapa kelas, yaitu Myriapoda, Crustacea, Insecta, dan Archnida. Dalam beberapa kasus, kelas dibedakan menjadi beberapa subkelas.

4. Ordo

Setiap kelas dapat dibedakan juga menjadi beberapa kelompok dengan anggota yang lebih kecil, yaitu ordo atau bangsa. Dasar pengelompokannya adalah sifat atau ciri yang lebih khusus dari ciri yang dipergunakan sebagai dasar pengelompokan tingkat kelas. Misalnya subkelas Monocotyledonae, dikelompokkan ke dalam beberapa ordo atau bangsa, seperti : Poales, Zingiberales, dan lain sebagainya.

5. Famili

Dengan berdasarkan ciri atau sifatnya yang lebih khusus, setiap ordo dapat dibedakan menjadi beberapa familia yang disebut dengan famili atau suku. Di antara anggota familia tersebut terdapat perbedaannya yang semakin kecil. Misalnya, ordo Myrtales, dibedakan menjadi beberapa familia, di antaranya adalah Myrtaceae.

6. Genus

Genus atau Marga adalah setiap familia dapat dibedakan menjadi kelompok yang lebih kecil. Di antara anggota-anggota genus itu semakin memiliki persamaan ciri yang besar. Sebagai contoh, famili Poaceae, dapat dibedakan menjadi beberapa genus, seperti Zea, Oryza, dan lain sebagainnya.

7. Spesies

Spesies merupakan sesuatu yang asli. Namun pengertian yang lebih luasnya adalah suatu kelompok individu yang merupakan populasi alam yang mampu berkembang biak dengan sesamanya, tetapi tidak mampu berkembang biak dengan kelompok lain. Misalnya, ayam tidak satu spesies dengan itik, karena secara alamiah tidak dapat berkembang biak bersama.

Oke teman-teman. Itu adalah artikel pembelajaran kita hari ini mengenai Urutan Tingkatan Takson (Belajar Biologi Mudah). Pembelajaran kita hari ini mengenai Klasifikasi Makhluk Hidup yang ada pada mata pelajaran Biologi. Saya harap semoga artikel ini dapat bermanfaat ya bagi kalian semua. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
25%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
25%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response