Sejarah Munculnya Bahasa Pemrograman Java

Sejarah Munculnya Bahasa Pemrograman Java

Sejarah Munculnya Bahasa Pemrograman Java – Java secara resmi diperkenalkan oleh SUN Microsystem pada tanggal 23 Mei 1995. Namun sejarah dimulainya pengembangan pemrograman ini sudah dimulai sejak tahun 1991. Saat itu SUN membentuk suatu tim bernama “Stealth Project” atau dikenal juga dengan nama “Green Team”, yang bertujuan untuk menciptakan suatu sistem perangkat lunak yang mampu berjalan pada alat-alat elektronik berskala kecil. James Gosling mendapat bagian pekerjaan membuat bahasa pemrograman yang mampu berjalan di atas platform sistem tersebut. Pertengahan tahun 1991, lahirlah bahasa pemrograman “Oak”.

Baca juga artikel yang lainnya : Pemrograman

Kemunculan Oak/Java pada Dunia

Kemunculan versi baru Oak yang telah berganti nama menjadi Java pada tahun 1995 diiringi dengan peluncuran browser HotJava. Java berserta dengan fasilitas applet-nya yang interaktif dan dinamis, mulai melebarkan sayap ke dunia web.

Sekitar dua tahun kemudian, diluncurkanlah Java 2 Enterprise Edition, yang membuat terkenal Java di dunia web akan kelengkapannya. Java tidak hanya bisa dimainkan di sisi client tapi juga di server. Pada tahun 1999, secara resmi diperkenalkan Java 2 Micro Edition, atau dikenal sebagai J2ME. J2ME ini lebih memfokuskan pada pemrograman untuk alat-alat elektronik.

Sejak kemunculan System Development Kit versi 1.2 , Java memakai nama produk Java 2. Saat ini telah muncul SDK versi 1.5 yang memakai nama produk J2SE 5 “Tiger”. Perkembangan dari versi 1.1, 1.2, 1.3 hingga ke 1.4 boleh dibilang kurang begitu signifikan akan lompatan teknologinya. Di versi 1.4 mulai dipakai keyword assert. Dari versi 1.4 ke versi 1.5 (J2SE 5), terjadi lompatan yang cukup signifikan karena terjadi beberapa perubahan mendasar yang memengaruhi gaya pemrograman Java. Perubahan dan tambahan fitur bahasa yang cukup fundamental antara lain sebagai berikut :

  • for-in
  • generics
  • enum
  • autobox & unbox
  • varargs
  • annotation
  • static imports
  • formatter

Teknologi Java telah berkembang jauh seperti telah yang kita baca dari artikel Sejarah Munculnya Bahasa Pemrograman Java, dari versi 1.0, 1.1, 1.2, 1.3 hingga saat ini mencapai versi lebih dari 1.6 (Java 6). Lompatan terbesar di banyak sisi terjadi ketika dimulainya transisi dari Java 1.4 ke Java 1.5 atau bisa disebut dengan Java 5 Tiger. Banyak sekali tambahan fitur dan inovasi baru yang muncul. Fitur-fitur seperti Generics, For/in, Annotation menjadi hal yang baru bagi banyak programmer Java, sehingga harus mulai mempelajari lagi aspek-aspek fundamental yang telah bergeser sedemikian jauh.

1 Komentar