BierPInter Penemu Radio

Siapakah Penemu Radio

Siapakah penemu radio, yaitu; Guglielmo Marconi. Mengingat sejarah Indonesia tidak lepas dari peran radio pada zaman itu, adanya radio membuat bangsa indonesia dari berbagai-bagi pulau bersatu dan memberi informasi atas  situasi apa yang sedang terjadi atas bangsa Indonesia, sehinggah saya terinpirasi untuk menulisakan artikel ini.

Inilah Sejarah Penemuan Radio Oleh Guglielmo Marconi

Hai sahabat BierPinter-Lovers coba bayangkan zaman dahulu belum ada Handhone, Line, BBM, WA, ataupun Televisi. Jadi satu-satunya yang digunakan untuk berpolitik adalah radio, guna memberikan perkembangan suasana, keadaan, dll. Bahkan kemerdekaan Indonesia Disiarkan melalui radio oleh Bapak Pendiri Bangsa Indonesia Presiden Ir.Soekarno pada zaman itu sehinggah seluruh rakyat mendengar dan tau bahwa kita telah merdeka. Berikut Sejarahnya.

Penemu Radio
Biodata Penemu Radio

Guglielmo Marconi (1874-1937) Lahir pada tahun 1874 di Bologna, Itali. Penemu radio ini dapat pendidikan privat dari seorang guru. Pada waktu Tahun 1894 disaat usianya menginjak dua puluh, Marconi mengkaji percobaan-percobaan yang dilakukan oleh Heinrich Hertz beberapa tahun sebelumnya. Percobaan-percobaan ini dengan gamblang mendemonstrasikan adanya gelombang elektromagnetik yang tak tampak oleh mata, bergerak lewat udara dengan kecepatan suara.

Marconi lantas menemukan  ide bahwa gelombang ini bisa dimanfaatkan untuk mengirim tanda-tanda melintasi jarak jauh tanpa lewat kawat yang menyediakan banyak kemungkinan berkembangnya komunikasi yang tak bisa dijangkau telegram. Misalnya, dengan cara ini berita-berita dapat dikirim ke kapal di tengah laut.

Penemu Radio Guglielmo Marconi adalah orang yang cerdas

Tahun 1895, hanya dalam setahun Marconi berhasil memprodusir peralatan-peralatan yang diperlukan untuk radio. Tahun 1896 dia memperagakan alat penemuannya itu di Inggris dan memperoleh hak paten pertamanya untuk penemuannya tersebut. Marconi bergegas mendirikan perusahaannya dan pertama dikirim tahun 1898. Lalu Tahun berikutnya dia sudah mampu untuk mengirim berita tanpa lewat kawat menyeberang selat Inggris. Setelah itu Marconi meneruskan pembuatan dan mempatenkan banyak penyempurnaan-penyempurnaan atas dasar penemuannya sendiri. Pada tahun 1901 dia berhasil mengirim berita radio melintasi Samudera Atlantik, dari Inggris ke Newfoundland. Wow hebat ya guys!

Makna penting dari penemuan barunya itu secara dramatis dipuji  pada tahun 1909 tatkala kapal S.S. Republic rusak akibat tabrakan dan tenggelam ke dasar laut. Berita radio amat membantu, semua penumpang bisa diselamatkan kecuali enam orang. Pada tahun yang sama Marconi berhasil meraih Hadiah Nobel untuk penemuannya. Dan pada tahun berikutnya dia berhasil mengirim berita radio dari Irlandia ke Argentina, suatu jarak yang lebih dari 6000 mil.

Semua berita ini dikirim lewat tanda-tanda sistem kode Marconi. Sebagaimana diketahui, suara itu dapat dikirim lewat radio, tetapi hal ini baru bisa terlaksana sekitar tahun 1915. Penyiaran radio dalam skala komersial baru mulai awal tahun 20-an, tetapi kepopulerannya dan arti pentingnya radio bertumbuh dengan sangat cepat.

Sebuah penemuan yang hak patennya punya harga tinggi dan penting dengan sendirinya menimbulkan pertentangan di pengadilan. Tetapi, rupa-rupa tuntutan lewat pengadilan sirna melenyap sesudah tahun 1914 tatkala pengadilan mengakui hak-hak Marconi. Pada tahun berikutnya, Marconi juga  melakukan penyelidikan penting di bidang gelombang pendek dan komunikasi microwave. Dia menghembuskan napas terakhir di Roma tahun 1937.

BierPinter Baca Juga  Siapa Penemu Listrik

Penemuan Radio Oleh Guglielmo Marconi Berkembang Menjadi Penemuan Penting Lainnya Seperti Televisi

Selain Marconi menjadi terkenal selaku penemu yang pengaruhnya tak diragukan dalam hal arti penting radio dan hal-hal yang berkaitan dengan penemuannya. Yaitu televisi, Marconi memang tidak menemukan televisi. Tetapi, penemuan radionya merupakan pembuka jalan penting buat televisi, oleh sebab itu sangatlah layak untuk menganggap bahwa Marconi juga berpengaruh dalam pengembangan televisi.

Jelas, komunikasi tanpa kawat punya makna teramat penting dalam dunia modern. Ini sangatlah bermanfaat untuk pengiriman berita, untuk hiburan, untuk keperluan militer, untuk penyelidikan ilmiah, untuk tugas-tugas kepolisian, dan lain-lain keperluan. Meskipun untuk beberapa hal telegram (yang sudah diketemukan orang lebih dari setengah abad sebelumnya) dan punya pengaruh juga namun, penggunaan radio secara besar-besaran tidaklah tertandingkan. Sbab Radio bisa mencapai mobil, kapal di lautan, pesawat yang sedang mengudara, bahkan pesawat ruang angkasa. Jelas ini merupakan penemuan penting daripada telepon karena berita-berita yang dikirim via telepon juga dapat  dikirim lewat radio, bahkan pesan-pesan lewat radio dapat dikirim ke tempat-tempat yang tak bisa dicapai telepon.

Perbincangan Terahkir Untuk Kita Ketahui & Renungkan

Jadi hai Sahabat BierPinter-Lovers, sugguh gak kebayangkan bukan kalau seandainya radio tidak ditemukan, berapa banyak kawat yang diperlukan untuk mengirim sesuatu seperti pesan-pesan text, bahkan mungkin kita tidak akan merasa aman bila pesawat terbang tidak menerima informasi dari ATC Air Traffic ControllerBahkan peran radio sampai saat ini masih tetap ada, walaupun Trend komunikasi saat ini sudah lebih ke smartphone dan sebagainya, namun radio tetap ada menemani kita pada saat kita melakukan mudik didalam radio hahaha.