Teknologi
Now Reading
5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia
0

Setiap negara memiliki keahlian di bidang-bidang tertentu, misalkan smartphone. Ada 5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia yang penjualannya melunjak naik secara global.

Smartphone adalah suatu alat komunikasi yang setiap saat perkembangannya selalu meningkat. Dari segi design, fitur bahkan kualitaspun ikut bersaing. Karena pesatnya persaingan, setiap saat akan ada smartphone yang dibuat dalam berbagai jenis sehingga membuat pengguna sulit untuk memilih yang terbaik.

Pada kali ini Bier Pinter akan memberikan informasi tentang 5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia. Telusuri penjelasannya dibawah ini:

1. China5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia

Negara China menjadi negara pembuat smartphone utama. Sumber daya manusia dan bahan baku yang berlimpah dengan harga murah, membuat banyak proyek manufaktur outsourcing. Dari 17 bahan bumi yang langka, 16 di antaranya diperlukan untuk memproduksi smartphone. China menghasilkan 95 persen bahan bumi yang langka, sebagai perbandingan India hanya menghasilkan 2,5 persen dan Amerika Serikat hanya 13 persen. Tentu saja, China menjadi negara pembuat smartphone terbaik.

Baca juga: 7 Hal Dampak Negatif Ketika Menggunakan Internet

Selain membuatkan smartphone untuk vendor terkemuka seperti Apple, China juga memiliki merek lokal yang telah mendunia. Sebut saja Huawei, Oppo, OnePlus, Xiaomi, Meizu, dan ZTE. Perusahaan China juga mencaplok beberapa vendor besar, seperti Lenovo membeli Motorola asal Amerika Serikat dan TCL membeli Alcatel dari Perancis. Oh ya, Samsung juga dua fasilitas produksinya ada di China meskipun mayoritas dari perangkat Samsung juga diproduksi di tempat lain.

2. Jepang5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia

Mungkin sekarang China hampir punya segalanya, tapi jangan lupakan Jepang. Banyak teknologi mutakhir terlahir di Jepang. Meskipun banyak perusahaan elektronik di Jepang yang terkesan loyo, namun Jepang masih memiliki industri pengembangan teknologi dan manufaktur yang kuat. Produsen smartphone terbesar di Jepang saat ini adalah Sony, yang dikenal lewat lini Xperia-nya dan yang terbaru adalah Xperia X. Negeri Sakura ini pun jelas masih menjadi daftar negara pembuat smartphone terbaik.

3. Korea Selatan5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia

Tahukah kamu, Korea Selatan pernah menjadi salah satu negara termiskin di dunia pada tahun 1960. Tapi sekarang, Korea Selatan merupakan salah satu negara terkaya. Bahkan, bank dunia baru-baru ini melaporkan bahwa Korea Selatan menempatkan diri di urutan 14 sebagai negara dengan ekonomi paling kuat di dunia. Negara yang terletak di Asia Timur ini, jelas menjadi negara pembuat smartphone terbaik yang mampu bersaing dengan China dan Jepang, terutama soal inovasi teknologi.

Jelas salah satu kuncinya adalah keberhasilan Samsung yang kini menjadi raja smartphone. Meskipun untuk produksi Samsung juga mulai mengandalkan manufaktur outsourcing, lebih dari 50 persen produksi smartphone Samsung berada di Vietnam. Sebagai perbandingan, produksi di kampung halamannya telah turun menjadi hanya 8 persen. Tak hanya Samsung, LG juga merupakan raksasa teknologi dan sejauh ini masih merupakan rival Samsung yang patut diperhatikan.

4. Taiwan5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia

Taiwan juga merupakan salah satu pusat teknologi dari Asia, yang merupakan tempat kelahiran merek terkemuka seperti Acer, ASUS, dan HTC. Namun meskipun Zenfone umumnya telah diterima dengan baik di pasar, ASUS masih punya produksi dalam skala kecil.

Yang lebih mengejutkan bahwa produksi smartphone HTC kebanyakan hanya berada di Taiwan dan sejumlah kecil di India. Tapi, HTC tampaknya sedang sibuk menyiapkan dua perangkat Nexus Google berikutnya, yang bocorannya disebut “Marlin” dan “Sailfish”. Oh ya, Nextbit Robin diproduksi di Taiwan loh.

5. Kanada5 Negara Pembuat Smartphone Terbaik di Dunia

Betul, di sinilah tempat kelahiran BlackBerry yang terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi dalam smartphone-nya. Meskipun saat ini keadaan BlackBerry tidak sejaya dulu, tapi mereka masih berjuang. Baru-baru ini Blacberry meluncurkan smartphone Android kedua setelah Priv, yakni DTEK50.

Itulah negara-negara pembuat smartphone terbaik. Selain di 6 negara yang Jaka sebutkan di atas, tentunya masih banyak negara lain yang memproduksi smartphone tapi masih dalam skala yang lebih kecil. Tentunya, kita semua berharap program TKDN berjalan mulus. Sehingga nantinya Indonesia bisa menjadi salah satu negara produsen smartphone di dunia. Tapi karena TKDN, smartphone baru dengan jaringan 4G, baik itu flagship hingga low-end jadi susah masuk ke Indonesia. Jadi, apa pendapat kamu mengenai program TKDN ?

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
admin
Hello, welcome to Bier Smart Site. stay here to get interesting information. :)

Leave a Response