Teknologi
Now Reading
Apa Itu Jaringan 4G LTE? Kelebihan dan Kekurangan
Inovasi Baru
1

Apa Itu Jaringan 4G LTE? Kelebihan dan Kekurangan – Halo sobat Bierpinter. Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai beberapa teknologi jaringan, seperti 2G, 3G. Sekarang kita akan melanjutkannya dengan membahas teknologi Jaringan 4G LTE. Apa sih Jaringan 4G LTE itu? Teknologi Jaringan 4G LTE merupakan pengembangan dari teknologi jaringan yang terdahulunya, yaitu jaringan 2G dan 3G. Jaringan 4G ini merupakan teknologi generasi keempat dari teknologi telepon seluler. Oke, tanpa basa-basi lagi kita akan membahas mengenai teknologi Jaringan 4G LTE ini ya sobat 😀

Apa Itu Jaringan 4G? Pengertian dan Keunggulan

Jaringan 4G LTE

Jaringan 4G LTE

1. Pengertian

Teknologi Jaringan 4G atau LTE pertama kali diluncurkan oleh TeliaSonera di Oslo dan Srockholm pada tanggal 14 Desember 2009. Dimana jaringan 4G LTE ini didaulat akan dapat menggantikan UMTS/HSDPA. Tujuan utama dari pembuatan teknologi jaringan 4G LTE adalah untuk meningkatkan kemampuan kapasitas dan kecepatan jaringan data nirkabel dengan menggunakan teknik DSP dan modulasi yang dikembangkan pada awal milenium baru. Selain itu pada sistem antarmuka nirkabel tidak cocok pada jaringan 2G dan 3G sehingga harus dioperasikan pada spektrum non-kabel secara terpisah-pisah.

2. Kelebihan

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari teknologi Jaringan 4G LTE ini, yaitu :

  • Teknologi Jaringan 4G LTE menawarkan kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan Uplink hingga 75 Mbps.
  • Teknologi Jaringan 4G LTE sudah menggunakan OFDM yang mengtransmsikan data melalui banyak operator spektrum radio. Yang masing-masing spektrum radionya sebesar 180 kHz.
  • Jaringan 4G LTE sudah mendukung gelombang frekuensi yang saat ini digunakan oleh sistem IMT dan ITU-R.
  • Untuk di daerah perkotaan, frekuensi band dari Jaringan 4G LTE ini lebih tinggi dan dapat digunakan untuk mendukung kecepatan tinggi mobile broadband. Teknologi ini juga mendukung MBSFN.
  • Teknologi Jaringan 4G LTE sudah memiliki mobilitas yang sangat tinggi.

3. Kekurangan

Ada beberapa kekurangan yang ditawarkan dari teknologi Jaringan 4G LTE ini, yaitu :

  • Sayangnya biaya untuk infrastruktur teknologi jaringan 4G LTE ini relatif mahal.
  • Sehingga jaringan 4G LTE ini harus diperbaharui maka peralatan baru juga harus diinstall.
  • Teknologi Jaringan 4G LTE menggunakan MIMO, sehingga memerlukan antena tambahan pada pancaran pangakalan jaringan untuk mengtransmisikan data.
  • Sebagai akibatnya, jika terjadi pembaharuan jaringan. Maka pengguna perlu membeli mobile device baru yang dapat memungkinkan menggunakan jaringan 4G LTE ini.

Oke teman-teman, itu adalah pembahasan mengenai Apa Itu Jaringan 4G LTE? Kelebihan dan Kekurangan. Saat ini kita sedang berada pada Generasi keempat untuk teknologi jaringan seluler, yaitu 4G LTE. Sehingga kita harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari teknologi yang kita pakai saat ini. Nah, menarik bukan teman-teman? Jangan lupa like, comment, share dan berikan jenis emotional kalian terhadap artikel ini ya guys. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
25%
Suka Sekali
50%
Keren
25%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT

Leave a Response