Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya – Halo sobat Bierpinter sekalian. Pasti kalian sering sekali mengedit video kan? Tapi apakah video yang kalian hasilkan memiliki ukuran atau size yang sangat besar?. Jangan khawatir teman-teman, pada artikel kali ini saya akan berbagi tips and trik nih bagaimana Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya. Sering kali kita ingin mengecilkan ukuran video kita, namun resikonya video kita memiliki kualitas yang jelek. Tapi jangan khawatir, disini saya memakai aplikasi HandBrake yang bisa dijamin deh kualitasnya tidak akan rusak atau turun. Kalian dapat mendapatkan aplikasi ini secara gratis kok. Kalian tinggal download aplikasinya di bawah ini :

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya

HandBrake
Tampilan Awal HandBrake

Untuk dapat memperkecil ukuran video kita tanpa merusak kualitasnya, kita memerlukan sedikit aplikasi tambahan untuk melakukannya. Disini saya menggunakan aplikasi HandBrake untuk mengecilkannya. Selain dapat mengecilkan ukuran atau size video, pada aplikasi ini juga kalian dapat merubah format atau extension video kalian. Kalian dapat mengubahnya menjadi .mp4, .mov, .avi, dan format-format video lainnya.

HandBrake
Editor HandBrake

Cara menggunakan aplikasi HandBrake ini juga mudah kok teman-teman, jika kalian telah menginstall nya pada komputer kalian. Kalian bisa membuka aplikasi tersebut dan memasukkan video mana yang ingin kalian kecilkan. Jika sudah masuk, kalian tinggal menentukan pengaturan setting video yang akan kalian edit. Pengaturan seperti ukuran resolusi, audio, volume, kualitas, dan lainnya dapat kalian atur di dalam aplikasi tersebut.

Pada gambar disamping, kalian dapat melihat pengaturan apa saja yang dapat kalian tentukan terhadap video yang akan kalian hasilkan. Jika kalian sudah mengaturnya, kalian  tinggal mengklik “Start Encode” untuk menjalankan prosesnya. Mudah kan teman-teman? Kalian bisa coba ya di komputer kalian masing-masing 😀

Kalian juga dapat melihat video tutorialnya disini :

Oke teman-teman, itu adalah Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Merusak Kualitasnya. Untuk mengecilkan ukuran video tanpa merusak kualitas video kita, kita memerlukan aplikasi tambahan. Salah satu aplikasi tambahan yang dapat kalian gunakan adalah HandBrake. Mengapa saya memilih HandBrake? Karena aplikasi ini merupakan aplikasi open-source dan ringan pada saat dipakai. Sekian dari saya, salam IT ^_^

Baca juga : Cara Melindungi Data Pribadi dan Privasi Anda di Facebook