Cara Menonaktifkan Startup di Windows 10

Cara Menonaktifkan Startup di Windows 10

Memiliki banyak aplikasi didalam pc / laptop sangatlah baik untuk mendukung pekerjaan kamu. Aplikasi adalah suatu alat yang dibuat untuk membantu user dalam pekerjaan rutin maupun jarang dilakukan. Kamu dapat mengkolaborasikan tugas kamu dengan beberapa aplikasi yang kamu miliki. Tapi, tahukah kamu bahwa pada setiap aplikasi memiliki startup nya tersendiri yang membuat aplikasi tersebut berjalan terus tanpa kamu gunakan sekalipun. Nah, hal ini akan memakan kapasitas ram kamu dan membuat komputer / pc kamu menjadi lemot. Disini aku akan membagikan cara menonaktifkan startup di windows 10.

Cara Menonaktifkan Startup di Windows 10 Menggunakan Task Manager

Cara Menonaktifkan Startup di Windows 10
Gambar 1.1 – Tampilan Startup pada Task Manager
  1. Buka task manager, atau gunakan shortcut keyboard (Ctrl + Alt + Del).
  2. Setelah task manager telah terbuka, kamu masuk ke kolom menu Startup.
  3. Pada kolum ketiga (status) kamu bisa perhatikan ada dua statement, yaitu: Disable dan Enable.
  4. Disable (aplikasi tidak dijalankan pada saat startup) sebaliknya untuk Enable.
  5. Startup Impact menunjukkan seberapa besar dia akan memakan ram ketika proses startup. Tingkat ketinggian dimulai dari: low, medium dan high.
  6. Untuk menonaktifkan, kamu klik kanan pada aplikasi yang berstatus enable, dan ubah statusnya menjadi disable.
  7. Lakukan sesuai kebutuhan, selesai.

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan teman-teman karena hampir disemua pc / laptop memiliki task manager. Tips ini sangat membantu teman-teman dalam mempercepat loading screen diawal teman-teman menyalakan pc / laptop teman-teman. Perlu dingat kembali, hati-hati dalam menonaktifkan aplikasi karena bisa jadi aplikasi tidak dapat memperbaharui softwarenya tersebut. Aku sarankan jangan menonaktifkan aplikasi yang sering update seperti game online ya, karena bisa-bisa kamu ketinggalan update game tersebut.

Pelajari juga: Keuntungan dan Kerugian Dari Cloud Computing

Buat kamu yang Task Managernya tidak dapat dibuka atau mengalami masalah, kamu dapat hubungi kami ke: support@bierpinter.com atau ke official account Bier Pinter: @fct3916v. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat buat kamu dan teman-teman sekalian dan jika bermanfaat jangan lupa bagikan tips ini juga ke teman-teman kamu ya.