Tips
Now Reading
10 Cara Cepat Meredamkan Amarah atau Emosi yang Memuncak
Sangat Bernilai
1

10 Cara Cepat Meredamkan Amarah atau Emosi yang Memuncak

Hallo sahabat BierPinter.com, terkadang kita sering marah karena menghadapi keadaan dan orang-orang yang sangat menyebalkan disekitar kita, tetapi kita juga sering mengabaikan akibat yang akan datang saat amarah atau emosi kita tidak terkontrol.

Emosi yang terlalu berlebihan tidak akan ada manfaatnya sama sekali,  justru akan menimbulkan kerugian bagi kita (baik untuk kesehatan maupun hubungan sosial kita dengan lingkungan).  Jadi, akan lebih baik untuk mengontrol emosi kita, bagaimanapun keadaannya.

Meredam amarah memang tidak mudah, namun jika anda tidak bisa mengontrol emosi, maka hal tersebut akan mengakibatkan kerugian, dan yang pasti akan menimbulkan penyesalan. Lalu bagaimana cara meredam amarah itu? Berikut adalah diantaranya:

Inilah 10 cara merendam emosi kita

1.Tarik Napas

Saat amarah itu datang, segeralah tarik napas dalam-dalam. Hal tersebut terbukti ampuh untuk mengatasi emosi yang muncul. Dengan menarik napas dalam-dalam juga bermanfaat untuk menenangkan hati dan pikiran anda. Tarik nafas dalam lakukan berulang-ulang sampai anda tenang.

cara menahan emosi

 

2.Ingat Akan Akibat

Sebelum anda marah ingatlah akibat dan pertimbangkan konsekuensinya. Emosi atau amarah yang berlebihan itu tidak ada manfaatnya sama sekali, justru akan merugikan anda sendiri. Nah, dengan mengingat akibat yang akan datang maka emosimu kemungkinan besar akan reda dengan sendirinya.

cara menahan emosi

3. Akui Kesalahan

Emosi muncul terkadang karena faktor dari diri anda sendiri, mungkin karena kesalahan yang anda buat namun anda tidak mau disalahkan atau anda sendiri tidak menyadarinya. Nah untuk meredam emosi atau amarah, maka akui saja kesalahan yang telah anda perbuat.

cara menahan emosi dan marah

4. Mengalah

Mengalah bukan berarti kalah, hal itu harus anda tanamkan saat anda marah. Lebih baik mengalah demi kebaikan, dan jangan maunya menang sendiri. Karena jika tidak ada yang mengalah, maka masalah tidak akan selesai.

cara menahan emosi dan marah

5. Cuek

Cara meredam rasa marah yang terakhir adalah dengan cuek. Biarkan saja orang disekitar anda membuat anda marah, jangan diladeni. Lama kelamaan orang tersebut justru akan malu sendiri, dan berhenti mengganggu anda.

cara menahan emosi dan marah

6. Marah karena anda ingin menegur untuk kebaikan

Janganlah marah karena anda ingin memuaskan nafsu amarah anda. Tetapi marahlah dengan bijak, yaitu untuk kebaikan orang lain. Anda boleh menegur, nasehat, ungkapkan apa yang salah dengan cara yang bijak. Hanya untuk kebaikan orang tersebut, memang yang satu ini tidak mudah, karena kita sering merasa enggan dan tidak menyakiti perasaan orang lain, atau mungkin orang itu belum tentu bisa menerima.

cara menahan emosi dan marah

7. Menjauhlah

Hal yang satu ini terbilang ampuh, jika anda menghadapi seseorang yang sangat keras kepala, dan menyebalkan, menjauhlah dari orang tersebut, sampai  hati anda kembali  sejuk, dan tenang.

cara menahan emosi dan marah

8. Memahami situasi, watak atau karakter seseorang

Mencoba mengerti dan memahami, membuat kita lebih dewasa dan menjadi seseorang yang sabar, kita tidak perlu marah atau jengkel ketika kita menghadapi situasi atau orang-orang yang menyebalkan disekeliling kita. Sebab, ketika kita memahami karakter seseorang, kita sudah mengerti bahwa orang tersebut keras kepala, atau disaat situasi tidak menyenangkan. Sehingga kita memiliki jalan keluar dan cara untuk menghadapi orang tersebut atau situasi yang tidak menyenangkan tersebut.

cara menahan emosi dan marah

9. Jangan Merasa Menjadi Orang Yang Besar

Hal-hal yang sering membuat kita marah, emosi, dan kesal tidak lain adalah karena hati,pikiran dan jiwa kita sendiri. Disaat kita melakukan hal baik, atau melakukan pekerjaan lebih banyak dari orang lain. Disaat kita lebih bekorban dalam hal apapun, sering kita mengharapkan pujian, hormat, atau rasa terimakasih, sanjungan, dan berharap orang akan memperlakukan kita istimewa. Dikala kita tidak mendapatkan itu semua, kita akan marah, kesal, dan merasa besar. Itulah yang membuat kita setiap hari jengkel dengan orang-orang tersebut.

Tips : Jika anda bekerja lebih, atau jika anda menolong lakukanlah karena anda menyukai dan lakukanlah dengan ikhlas, sehingga kita akan terbebas dari kekesalan yang membuat hati kita marah.

cara menahan emosi dan marah

10. Berdoa

Hal yang terakhir adalah berdoa, inilah yang terpenting, karena dengan berdoa membuat kita dekat kepada Tuhan, dan kita bisa menceritakan masalah-masalah yang ada dalam hati kita kepada Tuhan, sehingga kita tidak memendam rasa kesal kita menjadi menumpuk. Dengan tekun berdoa membuat kita lebih beriman dan sabar menghadapi masalah-masalah dan orang-orang yang menyebalkan hati kita.

cara menahan emosi dan marah

 

BierPinter baca juga 3 hal yang bisa membuat anda tidur nyenyak dan bangun pagi

What's your reaction?
Luar Biasa
33%
Suka Sekali
67%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
MirhanSyahputra
1 Comments

Leave a Response