Tips
Now Reading
Cara dan Tips aman Bertransaksi Jual Beli Online
0
Cara dan Tips aman Bertransaksi Jual Beli Online. Kalian harus mengetahui dulu nih hal-hal berikut ini sebelum kalian bertransaksi secara online.

Hallo sahabat Bierpinter, kali ini saya akan menulis sebuah artikel tentang tips diatas tersebut. Pernahkah kita tertipu disaat kita membeli barang online?  Saya sendiri pernah membeli barang di Lazada.com, waktu itu saya membeli modem smartfren, foto tersebut menunjukan bahwa barang tersebut baru namun barang telah dibuka untuk pendaftaran dan registrasi. Artinya segel dibuka, artinya walaupun barang tersebut baru saya tetap tidak bisa mendapatkan bonus kuota dari smartfren. Jadi yang salah mungkin saya sendiri guys, karena kurang cermat, “ya” tidak ada yang namanya barang baru guys kalau segel tersebut telah dibuka.

Zaman sekarang adalah zaman digital , sudah tidak heran jika pembelian online menjadi hal yang lumrah. Namun kita juga tetap harus berhati-hati supaya jangan sampai kita menjadi korban penipuan. Karena dimana ada kebaikan disitu kejahatan juga akan mengikuti.

Cara dan Tips aman Bertransaksi Jual Beli Online

Sebelum saya membahas tentang apa yang harus anda lakukan dalam membeli barang secara online, sebaiknya nada harus tahu dulu apa pengertian dari jual beli online itu sendiri. Jual beli online adalah sebuah transaksi jual beli dimana antara penjual dan pembeli tidak perlu melakukan tatap muka untuk menjual ataupun membeli sebuah produk. Transaksi bisa melalui BBM, SMS, FB, Telp, Medsos, dan Toko Online. Nah sebaiknya apa saja yang harus anda perhatikan apabila anda ingin membeli barang di bisnis online ini, berikut penjelasanya:

BierPinter Baca Juga : Solusi Ketika Masalah Hidup Menumpuk

Pastikan Situs Terpercaya

Cara dan Tips aman Bertransaksi Jual Beli Online. Kalian harus mengetahui dulu nih hal-hal berikut ini sebelum kalian bertransaksi secara online.

Seiring berjalanya waktu, bermunculan situs-situs jual beli online. Nah, apabila anda berniat membeli produk di jual beli ini sebaiknya anda pastikan tentang kredibilitasnya bagaimana, apakah situs tersebut sudah terkenal aman dan terpercaya apa belum.Pastikan juga tentang tata cara dan kebijakan situs tersebut. Jangan sampai kebijakan yang dibuat merugikan anda. Dari sekian banyak situs tersebut, diantaranya pasti ada yang hanya ajang penipuan saja, maka berhati-hatilah dengan iming-iming yang menggiurkan, seperti harga miring, tanpa ongkos kirim, dll.

Pelajari Detail Barang

BIerPInter- Detail barang ngaco2

           Gambar : 2 Detail barang yang mengecohkan anda

Jangan hanya anda perhatikan harga saja, namun anda juga harus mempelajari secara detail tentang hal-hal yang berkaitan dengan produk tersebut. Pastikan juga bahwa gambar yang dipasang sesuai dengan kenyataan, caranya adalah menanyakan secara langsung terhadap pihak penjual. Dan buat perjanjian, apabila tidak sesuai dengan penjelasan dan gambar anda dapat mengembalikan barang atau bagaimana, (semacam garansi).

Jangan Hapus Percakapan Saat Negosiasi Barang Dan Bertemulah Ditempat Yang Ramai Dan Aman

Bisa sms, bbm, fb, dll. Itu juga merupakan bukti apabila sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi, seperti barang tidak dikirim, dll. Atau jika anda berbelanja melalui www.olx.com, Tokopedia, dan sebagainya yang harus memungkinkan anda untuk bertemu. jangan sendirian usahakan bertemu ditempat yang ramai. Supaya menjaga dan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Harga Yang Masuk Tak Akal

Sahabat BierPinter.com pernahkah anda mengungjungi situ-situs jualan online yang sangat murah? Contoh harga iphone yang seharusnya 10.000.000 namun toko online tersebut bisa menjual hanya setengah harga. Atau modus yang biasa mereka lakukan adalah dengan promosi spserti, jika anda  membeli banyak yaitu diatas 100 buah  maka akan dapat harga yang fantastis. Biasa nya mereka memiliki jaringan yang sudah sangat tersistem sehinggah membuat korban sering terkecoh , Biasanya memiliki alamat kantor, testimoni, bukti pengiriman, dan orang-orang yang melayani ( seperti Costumer Service).

Simpan bukti transfer

Ini juga suatu bukti apabila terjadi penipuan. Jangan sampai hilang sampai barang yang anda pesan terkirim ketempat anda. Selalu berhati-hati dalam melangkah. Pelajari secara detail segala sesuatunya. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi anda.

Oke teman-teman. Itu adalah Cara dan Tips aman Bertransaksi Jual Beli Online. Semoga dengan artikel ini kalian jadi lebih bisa berhati-hati dalam bertransaksi jual beli secara online ya. Karena online itu sangatlah luas dan sulit untuk dikendalikan keamanannya. Sekian dari saya, Terima kasih.

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
MirhanSyahputra

Leave a Response