Tips
Now Reading
Cara Melindungi Data Pribadi dan Privasi Anda di Facebook
0

Di abad ke- 20 ini, perkembangan teknologi berkembang dengan pesat dan hampir setiap hari banyak penemuan-penemuan baru yang menginspirasi banyak orang, begitu pula dengan sosial media. Mulai dari Friendster hingga Facebook hampir semua orang pernah mendengarkannya dan menggunakannya. Hal ini dijadikan mereka sebagai sarana informasi, cerita, foto, komedi, bahkan promosi produk. Hampir semua merasakan dampak positif dari adanya aplikasi sosial media. Cara Melindungi Data Pribadi dan Privasi Anda di Facebook

Banyaknya manfaat dan peluang bisnis menggunakan sosial media, hal ini dijadikan sasaran bagi para kriminal. Banyak fitur yang disediakan social media dimanfaatkan para kriminal dalam melakukan aksinya. Meskipun, pihak sosial media terus melakukan pembaharuan aplikasi guna mencegah para kriminal melakukan kejahatan, tetap saja ada 1000 cara yang bisa mereka lakukan untuk meretas keamanan aplikasi tersebut.

Meskipun mempercayai keamanan aplikasi pada vendor, kita harus tetap mengerti hal apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga akun Anda dari tindakan kriminal (cyber crime). Perlu diwaspadai, 1 akun sosial media yang berhasil di hack dapat berakibat fatal untuk kedepannya. Buat kalian yang belum tahu bagaimana cara melindungi data pribadi dan privasi Anda di Facebook, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Lakukan Pemeriksaan Pada Pengaturan Privasi Facebook

Hal yang paling pertama Anda temukan ketika membuat sebuah akun facebook setelah mengisi biodata adalah memberikan password pada akun facebook Anda. Padahal Facebook telah memberikan fitur privasi untuk Anda dapat meningkatkan keamaan akun facebook Anda. Nah, jika Anda belum memperbaharuinya ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Pada aplikasi Android Facebook, Anda dapat melakukan ini dengan menuju ke tab paling kanan yang ditunjukkan oleh tiga garis horizontal.

  2. Gulir ke bawah ke bagian BANTUAN & PENGATURAN dan klik Pengaturan Akun. Anda akan melihat opsi lain di bawah ini, ikon PRIVASI yang berbentuk gembok.
  3. Pada Pengaturan Akun, buka Privasi dan Anda akan melihat beberapa sejumlah opsi terkait privasi. Tentukan opsi sesuai kebutuhan dan pastikan semua sesuai dengan yang Anda inginkan.
  4. Setelah selesai mengatur opsi privasi, lakukan pengaturan Pengenalan Wajah. Facebook melakukan pekerjaan dengan baik menjelaskan seperti apa fitur tersebut. Mungkin Anda tidak diberitahu bahwa Facebook mulai meminta izin kepada pengguna saat gugatan diajukan terhadapnya. Ini adalah fitur yang bagus tetapi Anda harus memutuskan apakah Anda cukup mempercayai Facebook dalam hal ini.

Ambil Tindakan Pencegahan

Tidak cukup untuk mengetahui saja, Anda perlu mengambil tindakan dalam hal menjaga privasi akun Anda. Aleksandr Kogan, seorang peneliti kelahiran Moldova dari Universitas Cambridge, mengembangkan aplikasi personality. Aplikasi ini membiarkan pengguna masuk dengan akun Facebook mereka seperti banyak aplikasi maupun situs web.

Ambil Tindakan Pencegahan

Ketika Anda sedang mengunduh aplikasi baru, banyak aplikasi menawarkan Anda untuk login menggunakan Facebook. Facebook menjadikan semuanya lebih mudah tetapi tidak selalu menjadi aman. Anda mungkin tahu atau tidak tahu, tapi pastinya ketika Anda menghubungkan akun facebook Anda ke aplikasi yang diunduh. Anda memberikan aplikasi dan facebook untuk bertukar informasi tentang Anda. Ini termasuk rincian dasar profil Anda, seperti: nama anda, tanggal dan waktu Anda mengunjungi setiap aplikasi, bahkan detail tentang komputer atau ponsel Anda. Inilah cara Kogan untuk memperoleh dan mengakses ke data pribadi Anda dan metode ini sudah dijalankan lebih dari 30 juta pengguna Facebook. Cara ini dilegalkan oleh Cambridge Analytica untuk digunakan setiap pengguna. Pada dasarnya, metode ini tidak diciptakan untuk berbuat curang. Hanya saja aplikasi lain memanfaatkan hal ini untuk dijadikan senjata mereka dalam hal penipuan.

Cara Melindungi Data dan Informasi Pribadi Anda di Facebook

Tujuan dari langkah ini adalah untuk Anda dapat mengontrol dan menghapus aplikasi mana yang telah terhubung di akun Facebook Anda. Tidak menyenangkan jika semua aplikasi yang Anda gunakan harus mengetahui identitas Anda. Disini Anda dapat mengaturnya dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pada Aplikasi Android Facebook, buka Pengaturan Akun lagi seperti yang Anda lakukan sebelumnya.
  2. Jika cukup sulit untuk Kamu lakukan, ikuti panduan kami melalui gambar yang ada dibawah ini.

    Cara Melihat Aplikasi Yang Terhubung di Facebook

    Cara Melihat Aplikasi Yang Terhubung di Facebook

  3. Tentukan aplikasi yang benar-benar tidak Anda inginkan, karena setiap aplikasi yang dihapus dari Facebook. Secara otomatis juga akun yang ada di aplikasi tersebut juga ikut terhapus. Pilihlah aplikasi yang akan dihapus dengan baik.

Inilah Cara melindungi data pribadi dan privasi Anda di Facebook dan Cara Melihat Aplikasi Yang Terhubung di Facebook. Gunakanlah akun Facebook Anda sebijak mungkin, guna mengantisipasi penmanfaat akun pribadi dalam tindakan kriminal.

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
admin
Hello, welcome to Bier Smart Site. stay here to get interesting information. :)

Leave a Response