Tips
Now Reading
Cara Membuat Teks Bergerak di Adobe Premiere
Inovasi Baru
1
Apakah kalian seorang video editor? Kali ini saya berbagi tips dan trick ini, yaitu Cara Membuat Teks Bergerak di Adobe Premiere. Simak artikel yang satu ini ya, kalian juga bisa lihat video tutorialnya.

Cara Membuat Teks Bergerak di Adobe Premiere – Halo teman-teman sekalian. Apakah kalian para video editor? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan trick nih dalam mengedit suatu video. Yaitu bagaimana Cara Membuat Teks Bergerak di Adobe Premiere. Disini saya menggunakan software Adobe Premiere Pro untuk mengedit video saya. Mungkin jika di software yang berbeda, pengaturan dan cara membuat teks bergerak ini akan berbeda. Penasarankan bagaimana Cara Membuat Teks Bergerak ini? So, simak terus ya artikel yang satu ini teman-teman 😀

Cara Membuat Teks Bergerak di Adobe Premiere

1. Membuat New Title

Cara Membuat New Title

Cara Membuat New Title

Langkah pertama kalian bisa siapkan 1 buah Title, dengan cara mengklik window Title – New Title. Atau kalian pun bisa mengklik kanan pada window folder project kalian, kemudian pilih New Item – New Title. Pada Title tersebut kalian bisa tuliskan kata-kata yang ingin kalian gunakan untuk text bergerak kalian.

Pada Video tutorial diatas, saya menggunakan font Gloss And Bloom, yang dapat kalian download fontnya di sini: Download Font Gloss And Bloom

2. Letakkan Title pada Layer Video

Setelah kalian selesai membuat Title kalian, langkah selanjutnya adalah memasukkan Title tersebut di atas layer video utama kalian. Usahakan berada diatas ya, sehingga tidak tertutup oleh video utamanya. Sebagainya contohnya, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Contoh Tampilan Title Berada di atas Layer Video Utama

Contoh Tampilan Title Berada di atas Layer Video Utama

3. Buatlah Transparent Video

Cara Membuat Transparent Video

Cara Membuat Transparent Video

Selanjutnya kalian bisa buat dahulu transparent video pada project Adobe Premiere Pro kalian. Untuk membuatnya kalian bisa mengklik kanan pada folder project kalian, kemudian pilih New Item – Transparent Video.

4. Masukkan Effect “Write-On” pada Transparent Video

Langkah selanjutnya, kalian bisa memasukkan effect “Write-On” kedalam transparent video yang telah kalian buat sebelumnya. Effect inilah yang nantinya akan membuat animasi Text Bergerak pada video kalian. Kalian bisa menemukan Effect “Write On” pada Windows Effect kalian. Selanjutnya, aturlah dahulu settingan effect “Write-On” pada transparent video kalian. Untuk pengaturan write-on nya bisa kalian ikuti pengaturan dari saya seperti gambar dibawah ini :

Pengaturan Effect Write-On

Pengaturan Effect Write-On

5. Buatlah Effect “Write-On” di Setiap Detik Video

Langkah berikutnya, kalian atur animasi Write-On kalian per-setiap detik video kalian. Kalian dapat menentukan bagaimana animasi teks kalian yang nantinya akan muncul di video kalian. Untuk langkah yang satu ini dapat kalian lihat secara langsung pada video tutorial di bagian atas artikel ini.

6. Masukkan Effect “Track Matte Key” pada Title

Langkah terakhir adalah memasukkan effect “Track Matte Key” kedalam Title yang telah kalian buat. Title tempat kalian membuat kata sebelumnya. Kemudian aturlah effect “Track Matte Key” kalian, ubah pengaturan Matte dan pilihlah lokasi layer transparent video kalian. Jika benar, maka animasi Write-On kalian akan terlihat dan tulisan Title kalian akan memiliki animasi. Untuk lebih jelas, kalian bisa lihat contoh gambar dibawah ini :

Pengaturan Effect Track Matte Key

Pengaturan Effect Track Matte Key

Oke teman-teman itu adalah Cara Membuat Teks Bergerak di Adobe Premiere. Untuk memperjelas artikelnya, saya sudah sediakan video tutorial-nya yang dapat kalian lihat pada bagian atas artikel ini. Mungkin itu saja dari saya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua ya. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
100%
Suka Sekali
0%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments

Leave a Response