Tips
Now Reading
Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop / PC
Inovasi Baru
2
Gunakan tips ini untuk mempercepatkan kinerja windows pada perangkat yang Anda gunakan.

Halo sobat BierPinter, senang sekali bisa berbagi tips cara mempercepat windows 10 di laptop atau komputer Anda. Benar gak sih, kalau tidak semua yang menggunakan windows 10 memiliki kinerja yang baik, seperti: Lag, not responding bahkan freezing. Windows 10 biasanya akan lambat dijalankan ketika menggunakan spek laptop atau pc yang rendah. Terutama terletak pada bagian VGA dan RAM. Harga 2 benda ini sangatlah mahal bahkan untuk penggunaan laptop VGA tidak dapat di upgrade loh. Tapi, janganlah bersedih dulu ya sobat BierPinter, karena masalah pada windows 10 Anda bisa diatasi kok.

Inilah Cara Mempercepat Windows 10 di Laptop / PC

Tidak selalu perangkat keras yang membuat laptop atau komputer Anda menjadi lambat, tapi bisa saja dari perangkat lunak. Jika Anda menghadapi masalah ini pada Windows 10 Anda, maka disini kami akan memberikan tipsnya. Ada 5 tips yang bisa Anda lakukan, seperti yang ada di bawah ini:

Nonaktifkan Startup

Tahukah startup itu apa ? Pengertian sederhananya startup adalah aplikasi yang berjalan ketika laptop atau komputer Anda baru dinyalakan. Tanpa Anda melakukan aktivitas apapun saat menyalakan komputer, aplikasi ini tetap dalam kondisi menyala. Solusinya:

  1. Buka Task Manager (Ctrl + Alt + Del) dan masuk ke bagian startup.
  2. Kamu bisa melihat pada status aplikasi tersebut. Terdapat 2 status, yaitu: Enable dan Disable. Anda bisa memilih disable jika Anda ingin mematikan aplikasi tersebut.
  3. Startup impact itu menunjukkan seberapa besar CPU yang digunakan aplikasi tersebut. Tenang saja, mematikan startup pada aplikasi, tidak menghilangkan aplikasi Anda kok.

Hentikan Tips Windows

Terlihat simple sih, tapi hal ini juga dapat membuat windows 10 Anda menjadi berat. Mengaktifkan fitur Tips akan memakan penggunaan CPU ketika windows menampilkan tips-tips di layar windows Anda. Solusinya:

  1. Masuk ke pengaturan > System > Notifications & Action.
  2. Di bagian sebelah kanan, jika Anda scroll ke bawah akan terlihat “Get tips, tricks, and suggestions as you use windows”.
  3. Tekan tombolnya, sampe tombolnya berwarna hitam. Tombol hitam berarti notifikasi tidak aktif.

Pembersihan Disk

Tips ini sudah hampir ada pada saat windows Anda. Tapi alasan mengapa masih digunakan, karena tetap efektif seperti biasa. Banyak file yang tersimpan pada disk, hal ini menyulitkan sistem untuk mencari file atau data. Disk Cleanup akan mengurus dan menghemat banyak ruang dan juga meningkatkan kinerja laptop atau komputer Anda. Solusinya: pada kolom pencarian, Anda cukup ketikkan “Disk Cleanup”.

Hapus Bloatware

Banyak laptop atau komputer dengan bloatware yang tidak perlu dan mereka menghambat kinerja sistem Anda. Namun, Anda cukup menghapus aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya. Menghapus aplikasi yang tidak penting dapat mengurangi pemakaian CPU yang berlebihan dan meningkatkan kecepatan sistem pada windows 10 Anda. Solusinya:

  1. Klik kanan pada menu start dan menuju ke control panel.
  2. Pada menu Programs, klik “uninstall a program”.
  3. Pilih aplikasi mana yang kira-kira tidak digunakan untuk di hapus pada windows 10 Anda.

Ubah Cara Tampilannya

Anda dapat mengubah tampilan Windows 10 Anda untuk meningkatkan kinerja. Tidak begitu terlihat, cuma hal ini cukup menambah kecepatan windows 10 Anda. Solusinya:

  1. Pada menu start atau kolom pencarian. Ketikkan “View Advance System Settings”.
  2. Anda akan melihat kotak dialog System Properties.
  3. Pada bagian perfomance, masuk ke pengaturan.
  4. Pilih “Let Windows choose what’s best for my computer”. Biarkan windows yang memilih perfomance terbaik untuk laptop atau komputer Anda.

Nah, begitulah cara mempercepat windows 10 di laptop atau komputer Anda versi BierPinter. Jika artikel ini bermanfaat, teman-teman jangan lupa like dan share ya. Terima kasih. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
17%
Keren
17%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
2 Comments

Leave a Response