Tips
Now Reading
Cara Mengembalikan Data Hardisk External Yang Hilang
Inovasi Baru
1
Apakah data hardisk external kalian terhapus secara permanen? Berikut adalah Cara Mengembalikan Data Hardisk External Yang Hilang versi Bierpinter.

Cara Mengembalikan Data Hardisk External Yang Hilang – Halo teman-teman Bierpinter sekalian. Apakah kalian sering memakai Hardisk External? Dan apakah kalian pernah kehilangan data di hardisk external tapi tidak tau bagaimana cara mengembalikannya?. Nah, jangan khawatir teman-teman, karena pada artikel kali ini saya kan berbagi tips dan trick Bagaimana Cara Mengembalikan Data Hardisk External Yang Hilang. Untuk mengembalikan data yang hilang di dalam hardisk external, saya menggunakan software recovery data, yaitu Recuva 153. Software ini dapat kalian download secara gratis di website resmi kami Bierpinter. Penasaran bukan? So, terusin baca artikelnya ya teman-teman 😀

Cara Mengembalikan Data Hardisk External Yang Hilang

Sebelumnya, download lah terlebih dahulu software ini. Kalian dapat mendownloadnya secara gratis di website kami, Bierpinter.

Download software gratis : Download Free Recuva

1. Buka Software Recuva Kalian

Download Free Recuva (Software Recovery)

Langkah Pertama

Gambar diatas adalah contoh tampilan software recuva pada saat kalian membuka-nya. Kalian dapat langsung menekan tombol Next, tanpa meng-ceklis “Do Not Show this Wizard on startup”.

2. Pilih Jenis File yang ingin kalian Recovery

Recuva Software Recovery

Langkah Kedua

Tampilan diatas adalah form pilihan untuk memilih jenis file apa yang ingin kalian recovery. Pastikan pilih jenis file yang ingin kalian cari untuk mempersingkat waktu pemrosesan file kalian. Namun, jika tidak ada jenis file tersebut, kalian bisa pilih All Files, namun akan lebih memakan waktu yang sangat lama.

3. Pilih Lokasi dimana file tersebut terhapus

Recuva Recovery Software

Langkah Ketiga

Selanjutnya kalian dapat memilih lokasi dimana file kalian terhapus sebelumnya. Jika file tersebut di berada di dalam FlashDisk, atau tempat penyimpanan lainnya, kalian dapat memasangkannya terlebih dahulu ke komputer kalian. Lalu lokasikanlah ke FlahDisk kalian ataupun HardDisk kalian. Namun jika kalian tidak yakin lokasinya dimana, kalian dapat memilih I’m not sure, maka recuva akan mengecek keseluruhan tempat penyimpanan di software kalian. Itu akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Lalu kalian bisa tekan tombol Next.

4. Ceklis Enable Deep Scan

Recuva Bierpinter

Langkah Keempat

Jangan lupa untuk meng-ceklis Enable Deep Scan. Deep Scan berfungsi untuk meng-scan lebih detail data atau file yang telah kalian terhapus, khususnya permanen. Memang akan membutuhkan waktu yang lama, namun akan menghasilkan seluruh data atau file yang pernah terhapus di dalamnya. Jika file tersebut telah sangat sangat lama, tentunya kalian harus meng-ceklis Enable Deep Scan ini. Kemudian kalian dapat Start.

Recuva Proses

Proses Scanning File Yang Terhapus

5. Pilih File Mana yang ingin dikembalikan

Recuva Scanning File

Hasil Scanning File

Selanjutnya kalian dapat mengklik data apa saja yang ingin kalian kembalikan. Lalu klik Recovery di bawah. Berikut adalah contoh tampilannya :

Recuva Recovery Software Bierpinter

Klik Recovery, lalu pilih lokasi tempat penyimpanan

6. Tunggu dan Lihat file recovery Kalian Selesai

Recuva

Proses Recovery File Selesai

Waktu proses recovery ditentukan berdasarkan besar dan banyaknya file yang ingin kalian kembalikan. Semakin besar dan banyak, maka akan memakan waktu yang lama. Berikut adalah contoh file gambar yang berhasil saya kembalikan :

Cara Mengembalikan Data Hardisk External Yang Hilang

File Permanen berhasil di recovery

Oke teman-teman. Itu adalah Cara Mengembalikan Data Hardisk External Yang Hilang. Pada umumnya, semua data yang telah terhapus permanent masih tersimpan loh di dalam sistem komputer kita. Namun, dalam berbentuk cache atau ukuran yang sangat kecil. Nah, dengan aplikasi recuva ini, file-file cache tersebut dapat di recovery atau dipulihkan dengan waktu proses tertentu. So, semoga artikel ini dapat bermanfaat ya bagi kalian semua. Sekian dari saya, salam IT ^_^

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
GreenIT
1 Comments
  • 31 Juli 2018 at 8:44 PM

    Semua data yang telah terhapus permanent masih tersimpan loh di dalam sistem komputer kita. Namun, dalam berbentuk cache atau ukuran yang sangat kecil.

Leave a Response