Web Tutorial
Now Reading
Cara Memasukkan Javascript ke Dalam WordPress Dengan Mudah
0

Website adalah sebuah media informasi online yang hampir semua orang menggunakannya. Pada umumnya, besarnya pengunjung website ditentukan dari seberapa baik dan menarik tampilan website tersebut. Banyak hal yang membuat tampilan website bagus. Salah satu caranya adalah memasukkan javascript ke dalam website. Javascript membantu CSS dan HTML bekerja lebih optimal. Javascript sendiri merupakan tipe bahasa pemrograman yang pemrosesannya dilakukan oleh client.

Pelajari juga: Cara Membuat Progress Bar Menggunakan Javascript

Hal ini juga dinamakan sebagai Client Side Programming Language. Client yang paling sering menjalankan program javascript, yaitu: Google Chrome dan Mozilla Firefox. Client yang dimaksud merujuk pada web browser. Oke, setelah kita mengerti apa itu Javascript. Sekarang aku akan menjelaskan cara memasukkan Javascript ke dalam wordpress dengan mudah.

Cara Memasukkan Javascript ke Dalam WordPress Dengan Mudah

Pada tutorial ini kita akan menggunakan sebuah alat bantu yang bernama plugin. Istilah plugin sering ditemukan pada CMS WordPress. Berbeda dengan CMS lain, jika anda menggunakan Joomla anda akan menggunakan module. Pada intinya fungsinya sama. Plugin membantu Anda untuk masuk ke bagian dalam website tanpa harus masuk kedalam hosting lagi. Sebelum memulai langkah-langkahnya, pastikan Anda adalah admin dari website tersebut. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

Gambar1.1 – Langkah Pertama Memasukkan Javascript

Setelah Anda mengklik tombol Tambah baru, dibagian sebelah kanan terdapat tulisan “cari pluginAnda bisa ketikkan: Scripts n Styles. Jika Anda sudah menemukannya, langsung saja pasang plugin ke dalam website. Anda bisa melihat gambar dibawah untuk memastikan bahwa plugin yang Anda download sudah benar.

Cara Memasukkan Javascript ke Dalam WordPress Dengan Mudah

Jika plugin telah di download, Anda masuk ke bagian tampilan plugin yang sudah terpasang.

Cara Memasukkan Javascript ke Dalam WordPress Dengan Mudah

Lihat gambar diatas, terdapat dua menu dibawah tulisan Scripts n Styles. Anda bisa klik Pengaturan untuk memasukkan javascript ke dalam WordPress.

Cara Memasukkan Javascript ke Dalam WordPress Dengan Mudah

Anda bisa memasukkan javascript di bagian kolom Scripts. Setiap Javascript yang dimasukkan kedalam wordpress harus mengunakan tanda <script> dan diakhiri dengan </script>. Begitu juga CSS, anda bisa masukkan CSS ke dalam plugin Scripts n Styles. Demikian tutorial cara memasukkan javascript ke dalam wordpress, semoga bermanfaat. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi

Leave a Response