Web Tutorial
Now Reading
Cara Membuat Email HTML Tanpa Koding
Inovasi Baru
3

Halo sobat BierPinter, selamat datang juga buat yang baru pertama kali mengunjungi website kami. Pada konten kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat email HTML tanpa koding. Kenapa saya membahas konten ini ? Karena dari hasil pengecekan saya, tidak banyak bahkan jarang ada konten yang membahas tentang materi ini.

Email HTML adalah suatu sarana yang bisa mengirim dan menerima surat secara online dengan tampilan tingkat lanjut. Di dalam email HTML kalian bisa memasukkan sedikit atau banyak koding yang nantinya akan menghasilkan sebuah tampilan responsif. Dimana user dapat berinteraksi dengan email. Berbeda dengan email non HTML, kalian hanya dapat membaca tanpa adanya interaksi didalamnya.

Dengan menggunakan email HTML penyampaian pesan sangat lebih baik dibandingkan dengan non HTML. Anda akan sering temukan form, tombol, menubar, video dan masih banyak lagi di email HTML. Banyak aplikasi yang dapat membuat email HTML, tapi rata-rata aplikasi itu berbayar. Kalian dapat download aplikasi email HTML MailStyler Newsletter Creator Pro gratis melalui tautan dibawah ini.

 

Bagi saya aplikasi ini sangat sempurna untuk membuat email HTML. Teman-teman dapat gunakan softwarenya secara gratis. Dibawah ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan software tersebut.

Teman-teman jangan lupa ya untuk like artikel ini dan share setelah selesai membaca. Terima kasih 🙂

Cara Membuat Email HTML Tanpa Koding

Buka folder Winrar MailStyler Newsletter Creator Pro dan ekstrak filenya. Lakukan penginstalan Setup.exe yang ada di dalam folder. Jika masih bingung, di dalam folder ada buku panduan penginstalannya. Jika sudah di instal, buka aplikasinya. Maka tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Tampilan awal MailStyler Newsletter

Anda dapat menutup saja bagian paling depan Welcome to MailStyler 2 jika kalian tidak ingin melihat tutorial penggunaannya. Setelah Anda menutupnya, pada bagian sebelah kiri terdapat Libraries. Libraries berfungsi untuk memberikan fitur drag and drop sesuai kebutuhan kalian.

Di sebelah kanan, terdapat Styles. Styles berfungsi untuk merubah tampilan secara keseluruhan sesuai template yang kalian pilih. Pada bagian bawah sebelah kanan, itu berfungsi untuk mengarahkan bagian-bagian mana saja yang sudah di isi dengan gambar, button, dan lain-lain. Disini aku tidak menjelaskan membuat tampilan email HTMLnya, kalian dapat membuatnya sekreatif kalian saja.

Cara Mengirim Email HTML Melalui Gmail

Sebenarnya kalian dapat gunakan platform mana saja, tapi pada contoh kali ini saya akan menggunakan Gmail. Sebelum kita mengirimkan pesannya, terlebih dahulu kalian harus Eksport email HTML yang kalian buat menggunakan MailStyler Newsletter Creator. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  1. Klik Export yang ada sibelah kanan atas -> Pilih Export HTML atau shortcutnya Ctrl + E. Jika sudah, maka tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.
    Tampilan Export MailStyler
  2. Pilih EMLSave as an eml file‘. Terus tekan next yang berada sibelah kanan bawah.
  3. Pilih kualitas email, jika sudah selesai. Tekan Export.
  4. Pilih lokasi file penyimpanan. Setelah itu Save.
  5. Buka akun Gmail Anda, dan masuk ke mode pengiriman pesan.
  6. Masukkan email tujuan Anda, dan lampirkan file hasil export tadi. Pastikan file berformat eml.
  7. Kirim, jika proses upload sudah selesai.

Sekarang email HTML Anda sudah berhasil dibuat dan dikirim ke email tujuan. Perhatikan gambar dibawah ini untuk melihat hasil email yang dikirimkan ke tujuan.

Hasil MailStyler Newsletter
Bagaimana teman-teman ? Sangat bagus dan mudahkan aplikasinya. Aplikasi email HTML ini sangat layak untuk digunakan bagi kalian yang malas koding. Inilah tips cara membuat email HTML tanpa koding versi BierPinter. Jika ini bermanfaat, teman-teman jangan lupa untuk like dan share artikel ini. Terima kasih 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
75%
Suka Sekali
25%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
admin
Hello, welcome to Bier Smart Site. stay here to get interesting information. :)
3 Comments

Leave a Response