CSS Dasar Dalam Memodifikasi Teks

CSS Dasar Dalam Memodifikasi Teks

CSS Dasar Dalam Memodifikasi Teks Senang sekali bisa bertemu dengan Anda kembali. Sebelumnya, saya minta maaf untuk update konten yang terlambat. Pada pertemuan kali ini, saya akan membahas bagaimana memanfaatkan CSS dalam membentuk dan memodifikasi sebuah teks. Sebuah CSS juga dapat digunakan dalam memodifikasi teks. Disini kamu akan belajar bagaimana caranya memanipulasi teks menggunakan properti CSS. Beberapa elemen-elemen yang dapat kamu modifikasi, diantaranya:

  1. The color properti digunakan untuk mengatur warna teks.
  2. The direction properti digunakan untuk mengatur arah teks.
  3. The letter-spacing properti digunakan untuk menambahkan atau mengurangi ruang diantara huruf yang membentuk sebuah kata.
  4. The word-spacing properti digunakan untuk menambahkan atau mengurangi ruang diantara kata-kata kalimat.
  5. The text-indent properti digunakan untuk mengindentifikasi teks paragraf.
  6. The text-align properti digunakan untuk menyelaraskan teks dokumen.
  7. The text-decoration properti digunakan untuk menggarisbawahi, overline, dan strike-through teks.
  8. The text-transform properti digunakan untuk memanfaatkan teks atau mengubah teks menjadi huruf besar atau huruf kecil.
  9. The white-shadow properti digunakan untuk mengatur bayangan teks di sekitar teks.

Materi sebelumnya: CSS Basic – Font

Mengatur Warna Pada Teks

Disini aku akan memberikan contoh dalam menunjukkan bagaimana mengatur warna teks. Nilai yang mungkin bisa berupa nama warna apapun dalam format yang valid.


Mengatur Arah Teks

Contoh berikut ini menunjukkan bagaimana mengatur arah sebuah teks. Nilai yang mungkin adalah ltr atau rtl.

Mengatur Ruang Diantara Karakter

Contoh berikut menunjukkan bagaimana mengatur ruang antar karakter. Nilai yang mungkin adalah normal atau sejumlah ruang yang ditentukan.

Tetapkan Ruang Diantara Kata-Kata

Contoh berikut menunjukkan bagaimana mengatur ruang diantara kata-kata. Nilai yang mungkin adalah normal atau sejumlah ruang yang ditentukan.

Mengatur Teks Indent

Contoh berikut menunjukkan bagaimana mengindentifikasi baris pertama paragraf. Nilai yang mungkin adalah % atau nomor yang menentukan ruang indent.

Mengatur Alignment Teks

Contoh berikut menunjukkan bagaimana menyelaraskan teks. Nilai yang memungkinkan adalah kiri, kanan, tengah dan justify.

Menghias Teks

Contoh berikut menunjukkan cara menghias teks. Kemungkinan nilai tidak ada, garis bawahi, overline, line-through, blink.

Tetapkan Kasus Pada Teks

Contoh berikut menunjukkan bagaimana mengatur kasus untuk teks. Nilai yang mungkin tidak ada, capitalize, huruf besar, huruf kecil.

Atur Ruang Putih di Antara Teks

Contoh berikut menunjukkan bagaimana ruang putih didalam elemen. Nilai yang mungkin adalah normal, pre, nowrap.

Mengatur Bayangan Teks

Contoh berikut menunjukkan bagaimana mengatur bayangan di sekitar teks. Hal ini mungkin tidak didukung oleh semua browser.

Demikianlah artikel ini yang membahas CSS Basic – Font dalam memodifikasi sebuah teks. Jika ini bermanfaat, teman-teman jangan lupa like and share.

Ikuti video Kami juga di: Youtube Channel

Terima kasih,