Web Tutorial
Now Reading
Keyword Parent dan Self dalam PHP
1
Keyword parent digunakan ketika mengaksesnya pada class anak sedangkan keyword self digunakan ketika mengaksesnya melalui class induk.

Halo sobat BierPinter, senang sekali bisa bertemu dengan kalian semua. Disini, kita akan belajar keyword parent dan self dalam php. Materi ini akan membahas konsep inheritance dalam OOP, dimana sebuah class dapat menurunkan method atau property dari class lain. Yang menjadi permasalahan ketika property atau method dari class anak memiliki nama yang sama dengan property atau method dari class induk Hal ini juga terjadi ketika class anak dan class induk sama-sama memiliki constructor dan destructor. Permasalahan ini dikenal dengan nama overridden property atau overridden method.

Nah, sebelum kita lanjut materi ini. Ayo like dan share artikel ini untuk membantu kita dalam memberikan konten-konten yang lebih bermanfaat dan menarik lagi. 🙂

Keyword Parent dan Self

Di dalam PHP, ketika kita mengakses method atau property suatu class anak yang memiliki kesamaan nama dengan method atau property pada class induk, maka property atau method yang digunakan adalah yang ada pada class anak. Jika kita ingin mengakses method atau property yang ada pada class induk, maka solusinya dengan menggunakan scope operation operator dimana nama class diganti dengan keyword parent dan self. Kalian bisa pelajari scope operation yang sudah saya bagikan di materi sebelumnya.

Keyword parent digunakan ketika mengaksesnya pada class anak, sedangkan keyword self digunakan ketika mengaksesnya melalui class induk. Agar lebih memahami fungsi parent dan self, silahkan perhatikan skrip berikut:

<?php
class pesawat {
public function instruksi_pesawat_passenger(){
echo self::tampil_instruksi();
echo $this->tampil_instruksi();
}

public function tampil_instruksi(){
return "pesawat";
}
}

class cargo extends pesawat{
public function instruksi_pesawat_cargo(){
echo parent::tampil_instruksi();
echo $this->tampil_instruksi();
}

public function tampil_instruksi(){
return " Siap diterbangkan";
}
}

$pesawat_garuda = new cargo ();
$pesawat_garuda->instruksi_pesawat_passenger();
echo "<br>";
$pesawat_garuda->instruksi_pesawat_cargo();

Penjelasan

Pada skrip diatas, bagian class pesawat dan class cargo yang menjadi turunan dari class pesawat sama-sama mendapat method tampil_instruksi(). Pada bagian bawah, kita membuat objek $pesawat_garuda dari class cargo, kemudian memanggil method instruksi_pesawat_cargo() dan tampil_instruksi(). Method instruksi_pesawat_cargo() yang ada pada class pesawat, di dalamnya memanggil 2 kali method tampil_instruksi() dengan cara yang berbeda. Caranya, yaitu: self::tampil_instruksi() akan memanggil method tampil_instruksi() yang terdapat pada class dirinya (class pesawat), sedangkan $this->tampil_instruksi() akan memanggil method tampil_instruksi() yang terdapat pada class anak. Begitu juga dengan method instruksi_pesawat_cargo() yang ada pada class cargo, di dalamnya juga memanggil 2 kali method tampil_instruksi() dengan cara yang berbeda. Skrip parent::tampil_instruksi() akan memanggil method instruksi_pesawat pada class parent (class pesawat), sedangkan skrip $this->tampil_instruksi() akan memanggil method tampil_instruksi() pada class anak.

Penutup

Demikianlah materi hari ini tentang keyword parent dan self dalam PHP versi BierPinter. Jika kalian suka materi ini, like dan share untuk mendukung kami dalam memberikan materi yang lebih baik lagi. Terima kasih. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
33%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
admin
Hello, welcome to Bier Smart Site. stay here to get interesting information. :)
1 Comments

Leave a Response