Membuat Hyperlink Pada Halaman Yang Sama

Membuat Hyperlink Pada Halaman Yang Sama Menggunakan Section

Hai sobat Bier Pinter, senang sekali bisa kembali bertemu dengan kalian. Pernah gak sih kalian ketemu website yang membuat hyperlink di halaman yang sama. Hal ini biasanya ditemukan pada bagian menu bar website. Ketika user mengklik suatu teks yang berisi hyperlink, dia akan mengarahkan link ke halaman yang sama. Sebenarnya, cara ini cukup mudah teman-teman tapi masih banyak yang belum tahu bagaimana membuat hyperlink tersebut. Oke mari kita mulai pembahasan dalam membuat hyperlink pada halaman yang sama menggunakan section.

Cara Membuat Hyperlink Pada Halaman Yang Sama Menggunakan Section

Untuk membuat hyperlink ke halaman yang sama tidak perlu menggunakan CSS, hal ini cukup menggunakan html dan fungsi section id. Ikutilah langkah-langkah dibawah ini untuk membuat hyperlink di halaman yang sama.

Tips: Cara Menonaktifkan Startup di Windows 10

  • Tentukan bagian mana yang mau diberikan section id. Section id merupakan identitas pada objek tersebut. Tujuan pembuatan section id untuk memanggil hyperlink dan mengarahkan ke objek yang telah diberikan section id.
  • Jika objeknya berbentuk H2 ataupun p (paragraf), kamu cukup tambahkan <h2 id=”nama-section-id“></h2>.
  • Tahap selanjutnya, teks yang akan diberikan hyperlink harus menggunakan tanda #. Masukkan link seperti ini pada teks yang akan diberikan hyperlink: #nama-section-id.
  • Selesai.

Gunakan Section ID

<h2 id=”judul”>Cara Membuat Hyperlink Pada Halaman Yang Sama Menggunakan Section</h2>

Buat Link ke Section ID

<a href=”#judul”>Masuk ke bagian section id</a>

Hasil: Masuk ke bagian section id

Gimana sekarang sudah mengerti bukan, sangat mudah ya. Jadi kesimpulannya, section id merupakan identitas dari objek sementara a href merupakan link untuk mengarahkan ke section id. Teman-teman, jangan lupa untuk like dan share ya, semoga bermanfaat.