Web Tutorial
Now Reading
Menjalankan PHP ke Dalam Server XAMPP
Inovasi Baru
1
Pada materi kedua ini, kita akan belajar bagaimana menjalankan PHP ke dalam web server menggunakan XAMPP.

Pada pelajaran kali ini kita telah memasuki materi yang kedua yaitu: Menjalankan PHP ke Dalam Server XAMPP.  Tidak hanya bahasa pemrograman Java yang dapat terhubung ke XAMPP melainkan PHP juga. Dengan adanya XAMPP, Anda dapat memanggil PHP ke dalam web browser. Sebaliknya, jika XAMPP tidak diaktifkan maka Anda tidak dapat memanggil PHP ke dalam browser. Untuk memanggil PHP ke dalam browser, Anda perlu mengaktifkan servis MySQL dan Apache. Apasih MySQL dan APACHE ? Bagaimana kita dapat menjalankannya dan apa fungsinya ?

Pengertian & Fungsi MySQL

Pada dasarnya keduanya sangat berperan dalam menjalankan aktivitas pemrograman Anda. MySQL atau dalam arti lengkapnya Structured Query Language adalah suatu alat yang membangun sebuah server database open source. MySQL sering digunakan untuk membuat sebuah server database ataupun membuat sebuah website. SQL dapat diartikan sebagai suatu bahasa yang digunakan untuk mengakses suatu data dalam database relasional dan terstruktur sedangkan MySQL dalam hal ini menjadi alat untuk mengelola dan memanajemen SQL dengan menggunakan Querry.

Banyak aplikasi yang menyediakan tempat untuk Anda kelola secara sederhana. Tetapi, banyak hal yang perlu di pertimbangkan. Seperti biaya yang terlalu besar untuk membeli software, data sulit untuk di integritasi ke penyedia database lainnya, dan masih banyak lagi.

Setelah kita membahas pengertian MySQL. Sekarang kita perlu tahu fungsi MySQL bagi para programmer. MySQL memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengelola suatu data yang berisi informasi secara String (Text based) dan dapat diakses secara pribadi maupun untuk umum dalam suatu web. Hampir semua host atau penyedia server web memberikan fasilitas MySQL untuk para developer web yang menginginkan pengelolaan database di websitenya.

Pengertian & Fungsi Apache

Buat Anda yang belum tahu pengertian apache dan apa fungsinya. Apache merupakan salah satu jenis web server yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. Apache digunakan untuk melayani dan melakukan pengaturan fasilitas web menggunakan sebuah protokol yang dikenal dengan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Nama Apache terbentuk dari suatu penghargaan terhadap suku Indian Apache yang menggunakan keterampilan dan strategis yang luar biasa dalam perang.

Fungsi Apache

Apache memiliki fungsi yang sama dengan fungsi web server pada umumnya, yaitu memperoleh berkas yang berisi permintaan (request) client melalui web browser, kemudian Apache akan memproses data tersebut dengan menghasilkan keluaran (output) yang diinginkan oleh client. Output didapat berdasarkan data yang tersimpan dalam database website tersebut.

Server Apache memungkinkan client untuk menjalankan berbagai skrip dan aplikasi didalamnya. Dengan begitu, setiap web yang dihosting ke server Apache menjadi dinamis, konten didukung oleh standar HTTP saat ini. Selain itu, Apache juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, seperti adanya pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi pengguna, didukung oleh GUI (Graphical User Interface) sehingga dengan mudah dalam menangani server.

Pengertian MySQL dan APACHE lebih lengkap disini.

Menjalankan Server XAMPP

Dari fasilitas XAMPP Control Panel, Anda dapat menjalankan servis MySQL dan Apache. Yang belum memiliki XAMPP, Anda bisa ikuti tutorial Panduan Instalasi PHP dan MySQL. Berikut caranya:

  1. Klik menu Start, lalu cari XAMPP Control Panel. Jika yang menggunakan windows 10 langsung ketikan saja.
    Start XAMPP
  2. Jalankan Apache dan MySQL dengan menekan tombol Start. Sehingga keluar status running.
  3. Setelah keduanya dijalankan, Anda dapat keluar dari XAMPP.

Jika status pada Apache dan MySQL telah running, berarti web server Apache dan database MySQL server sudah aktif. PHP dan MySQL siap digunakan. Anda dapat mencobanya dengan mengaksesnya dari browser Mozilla Firefoxatau Google Chrome. Ketikkan alamat http://localhost/. Akan muncul tampilan dasboard XAMPP pada browser Anda, seperti gambar di bawah ini.

Tampilan Dasboard XAMPP

Nah, mungkin diantara dari kalian bertanya. Apakah PHP tidak dijalankan juga ? Jawabannya tidak ya teman-teman. PHP adalah skirp kompilator yang berjalan di sisi web server Apache, jadi tidak dijalankan. Saat Apache dijalankan, maka semua skrip program PHP yang disimpan dalam folder C:/xampp/htdocs/ akan secara otomatis dieksekusi oleh kompilator PHP lewat alamat http://localhost/.

Demikian materi kali ini tentang menjalankan PHP ke dalam server XAMPP. Pada materi selanjutnya kita akan belajar memahami folder database, web server, menjalankan phpMyAdmin dan mengeksekusi PHP di web server.

Buat teman-teman, jika ini bermanfaat jangan lupa untuk di like dan share artikel ini ya. Hal ini bertujuan untuk membangun situs belajar programming di Indonesia dan membantu para konten creator untuk memberikan artikel-artikel yang lebih banyak lagi.

What's your reaction?
Luar Biasa
67%
Suka Sekali
33%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
1 Comments

Leave a Response