Web Tutorial
Now Reading
Pengenalan Dasar Query SQL
3
Structur Query Language (SQL) merupakan bahasa yang banyak digunakan dalam berbagai produk database.

Halo sobat BierPinter, senang bisa berbagi pengetahuan dengan kalian semua. Tidak terasa, pada pembelajaran web tutorial kita sudah memasuki tahap Querry SQL. Disini kita akan belajar pengenalan dasar query SQL. Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa yang banyak digunakan dalam berbagai produk database. SQL dibangun di laboratorium IBM oleh San Jose di California sekitar tahun 70an. Pertama kali dikembangkan sebagai bahasa di produk database DB2 yang sampai saat ini merupakan produk database andalan IBM. SQL sering di lafalkan dengan “sekuel”.

Sebelum kita membahas pengenalan dasar query SQL lebih lanjut. Buat teman-teman yang suka dengan materi ini. Kalian bisa tekan tombol like dan share di bagian atas. Hal ini bertujuan untuk membantu kita dalam mengembangkan situs ini menjadi lebih baik lagi.

Mengenal Dasar Querry SQL

Saat ini, organisasi standar Amerika (ANSI) menetapkan standar bahasa SQL yaitu ANSI-92 standart. Masing-masing vendor database memiliki dialeknya sendiri, sebagaian besar spesifikasinya mengacu pada standar ANSI tersebut dengan berbagai ekstensi tambahan. SQL Server menggunakan bahasa Transact-SQL dalam produknya, sedangkan Oracle menggunakan PL/SQL.

Dalam pembelajaran pada bab ini, penulis menggunakan database MySQL yang sudah terinstal dalam paket program aplikasi XAMPP. Bagi pembaca yang belum mengetahui MySQL, MySQL merupakan software database open source yang paling popular di dunia. Dimana saat ini digunakan lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

SQL

Dengan kehandalan, kecepatan dan kemudahan penggunaannya, MySQL menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang software dan aplikasi baik di platform web maupun desktop. Pengguna MySQL tidak hanya sebatas pengguna perseorangan maupun perusahaan kecil, namun perusahaan besar seperti Yahoo, Alcatel, Google, Youtube, WordPress maupun Facebook juga merupakan pengguna MySQL.

MySQL pertama kali di buat dan dikembangkan di Swedia, yaitu oleh David Axmark, Allan Larson dan Michael “Monty” Widenius. Mereka mengembangkan MySQL sejak tahun 1980-an. Saat ini versi MySQL yang sudah stabil mencapai versi 5x, dan sedang dikembangkan versi 6x. Untuk lebih lengkap, kalian dapat melihat di situs resmi MySQL.

Contoh Perintah Query Pada SQL

Disini aku akan menjelaskan sedikit, contoh perintah Query pada SQL. Pada dasarnya program web, aplikasi, maupun apps semuanya dapat dihubungkan ke database SQL. Berikut beberapa query umum pada SQL yang sering digunakan developer.

Select

Untuk menampilkan data. Select berfungsi untuk menampilkan data pada table secara keseluruhan. Contoh Query:

/** Syntax dasar SELECT **/

SELECT * FROM nama_tabel;
SELECT nama_field, nama_field, nama_field FROM nama_tabel;

Contoh penggunaanya:

SELECT * FROM customers;
/** penggunaan tanda * (bintang) artinya digunakan memilih semua field **/

SELECT nama, kota FROM customers;
/** nama dan kota merupakan sebuah nama_field **/

Insert

Untuk memasukkan data/record baru. Insert pada umumnya biasa digunakan untuk memasukkan data/record baru ke dalam table. Berikut contoh Query:

/** Tanpa memberikan defenisi nama field

INSERT INTO nama_tabel VALUES ('nilai masukan', 'nilai_masukan', 'dll');

/** Dengan mendefenisikan nama field

INSERT INTO nama_tabel (`nama_field`, `nama_field`, `dst`) VALUES ('nilai_masukan', 'nilai_masukan', 'dll');

Contoh penggunaannya:

INSERT INTO nama_tabel(`nama_field`, `nama_field`, `dst` ) 
VALUES('nilai_masukan', 'nilai_masukan', 'dst');

Dengan membuat nama field, values yang dimasukkan lebih jelas ke bagian field yang ingin dituju. Kalian juga bisa menggunakan values tanpa field, jika struktur data sudah jelas untuk seterusnya.

Penutup

Demikian pengenalan dasar Query SQL yang dijelaskan oleh BierPinter. Buat teman-teman yang suka dengan materi ini, jangan lupa untuk like dan share artikel ini guna membangun website ini menjadi lebih baik lagi. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
25%
Suka Sekali
75%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
3 Comments

Leave a Response