Web Tutorial
Now Reading
Perbedaan Shared Hosting Dan Cloud VPS
0

Halo, senang sekali bisa berbagi tips buat kalian semua. Mungkin beberapa dari kalian mencari artikel ini karena bingung memilih jenis layanan yang tepat buat website kalian ? Setiap Hoster pasti menyediakan layanan Shared Hosting dan Cloud VPS (Virtual Private Server). Dari 2 jenis ini hampir memiliki tujuan yang sama hanya saja yang membedakan adalah perfomanya. Perfoma bagus belum tentu harganya mahal dan belum tentu juga harganya murah. Jadi, kalau kalian salah memilih bisa-bisa biaya yang kalian keluarkan juga akan lebih besar. Oke, disini aku akan menjelaskan perbedaan shared hosting dan cloud VPS.

Perbedaan Shared Hosting Dan Cloud VPS

Seperti namanya, Shared Hosting adalah suatu hosting yang memberikan layanan dengan berbagi server dengan pengguna lainnya. Hal ini bisa diumpamakan seperti Anda menyewa kos-kosan yang dimana fasilitasnya, seperti: kulkas, kamar mandi, gas, tempat parkir dipakai bersama. Bahkan ketika teman-teman Anda datang ke kosan, teman Anda harus menunggu giliran untuk menggunakan fasilitas kosan tersebut. Inilah yang dinamakan Shared Hosting.

Di layanan shared hosting kamu harus berbagi resource dengan pengguna lainnya yang berada di satu server yang sama. IP, RAM, CPU yang kamu gunakan digunakan juga sama user lainnya secara bersama-sama.

Bagaimanapun, hal ini tidak menjadi masalah jika website Anda digunakan dalam keadaan normal. Untuk pemula menggunakan shared hosting adalah keputusan yang baik, karena shared hosting juga telah dilengkapi dengan fitur cPanel sehingga Anda dapat belajar dan mengontrol langsung keluar masuknya data dan masih banyak fitur lainnya.

cPanel pada shared hosting sama dengan Cloud VPS, keduanya memiliki fitur yang serupa. Shared hosting dapat menggunakan CMS, seperti: WordPress, Joomla, BBPress, dan masih banyak lagi. Dalam 1 kali klik, CMS langsung dapat digunakan.

Untuk tahap selanjutnya adalah Cloud VPS. Cloud VPS adalah layanan server virtual pribadi. Dengan menggunakan layanan ini kamu memiliki akses penuh ke server Anda tanpa berbagi dengan user lainnya. Pada statement ini jelas untuk CPU dan RAM kamu gunakan sendiri tanpa user lain juga ikut menggunakan. Semua aktivitas website akan masuk ke dalam paket hosting Anda. Ada fitur tambahan untuk Cloud VPS, yaitu:

  • Dedicated IP Address
  • Root Access
  • Konfigurasi Firewall
  • Application Streaming
  • Private Mail Server

Dengan hak akses penuh private, hal ini membuat kamu harus mengerti dalam menjalankan dan mengatasi permasalahan yang ada pada hosting ada. Bagaimanapun, kamu bisa bertanya dengan penyedia hosting kalian masing-masing. Setiap penyedia layanan hosting akan memberikan fitur-fitur mereka, jadi kesimpulannya fitur yang ada di penyedia hosting A belum tentu ada di penyedia hosting B. Yang pasti, kamu dapat mengakses webserver, seperti: Apache, mysql, php dan email.

Pilih Shared Hosting Atau Cloud VPS ?

Aku akan membagikan kondisi dimana kalian harus migrasi ke Cloud VPS dari Shared Hosting. Yang pasti, kalian harus mempertimbangkan hal ini karena biaya yang dikeluarkan jelas berbeda. Dibawah ini aku akan membantu kamu untuk menentukan layanan apa yang harus kamu gunakan.

Anda menginginkan kontrol penuh untuk server Anda. Manage full seperti kustomisasi server, instalasi aplikasi yang Anda inginkan bisa di lakukan di layanan VPS.
Jumlah visitor yang besar dan traffic yang besar disarankan untuk menggunakan Cloud VPS. Karena penggunakan CPU meningkat ketika server diakses secara bersamaan secara real time. Disarankan untuk mengganti ketika visitor mencapai 3000 per / hari.
Anda memerlukan aplikasi streaming baik radio, file sharing, maupun MAP Sever. Tidak perlu khawatir Anda akan membebani server, karena seluruh aktivitas website menggunakan server private. Anda cukup memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Salah satu alasan untuk menggunakan Cloud VPS adalah akses IP Private.

Bagaimana teman-teman ? Sudah yakin memilih Cloud VPN atau masih mau mencoba menggunakan Shared Hosting. Semuanya tidak salah, karena itu tergantung kondisi website kamu. Nah, semoga artikel ini bisa membantu kamu ya. Oia, jangan lupa di like dan di share ke teman-temannya juga ya.

What's your reaction?
Luar Biasa
50%
Suka Sekali
50%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi

Leave a Response