Web Tutorial
Now Reading
Class Constant Pada PHP
1
Untuk membuat konstanta di dalam class, kamu harus menggunakan kata const di awal konstanta.

Halo sobat BierPinter, senang sekali bisa belajar bareng dengan kalian semua. Disini, aku akan membagikan materi kelanjutan dari dasar PHP, yaitu: Class Constant Pada PHP.  Selain memiliki property dan method, PHP juga memperbolehkan sebuah class yang memiliki konstanta. Seperti konstanta pada umumnya, nilai konstanta tidak dapat berubah.

Sebelum kita lanjut materi ini, buat teman-teman yang belum like dan share. Yuk, bantu kami dengan cara Like dan Share materi ini. Hal ini bertujuan untuk membangun situs ini menjadi lebih baik lagi dan berguna bagi bangsa dan negara.

Belajar Class Constant Pada PHP Dengan Mudah

Untuk membuat konstanta di dalam class, kamu harus menggunakan kata const di awal konstanta. Di dalam PHP, konstanta class berlaku seperti static property, melekat pada class bukan pada objek. Oleh karena itu, untuk mengaksesnya, kita menggunakan tanda yang sama, yaitu tanda ::. Begitu juga jika kita ingin mengaksesnya dari dalam class, menggunakan keyword parent atau self tergantung dari class mana kita mengaksesnya.

Selain mengakses konstanta class menggunakan nama class, kita juga dapat mengaksesnya dengan objek atau dengan variable. Namun, cara mengakses dengan objek dan variable hanya dapat digunakan pada PHP versi terbaru (5.3 ke atas). Ketiga cara mengakses konstanta class (dengan nama class, objek, dan variable) tersebut dapat kita lihat pada contoh skrip berikut:

<?php
class pesawat {
const Mesin = "Turbo";
}

// Mengakses dengan nama class
echo pesawat::Mesin;

// Mengakses dengan objek
$pesawat_garuda = new pesawat();
echo "<br>";
echo $pesawat_garuda::Mesin;

// Mengakses dengan variabel
$kapal = "pesawat";
echo "<br>";
echo $kapal::Mesin;

Penjelasan

Ketiga cara di atas dapat digunakan pada PHP versi terbaru, bila menggunakan PHP pada versi yang lebih rendah maka gunakan cara yang pertama. Demikianlah, materi kali ini tentang class constant pada php. Buat teman-teman yang suka dengan materi ini, jangan lupa untuk like dan share. Terima kasih. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
0%
Suka Sekali
100%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
Loading...
1 Comments

Leave a Response