Web Tutorial
Now Reading
Contoh Program Class Pada PHP
1
Membuat bagian menjadi class-class dalam membuat sebuah program PHP. Sangatlah efektif bagi para programmer.

Halo sobat BierPinter, pada pembelajaran PHP kali ini. Kita sudah memasuki akhir dari dasar PHP yang telah kalian pelajari sebelumnya. Sekarang aku akan memberikan contoh program class pada PHP. Sebagai tambahan dan juga penutup materi dasar PHP. Buat kalian yang belum pejari materi-materi dasar php sebelumnya. Kalian bisa pelajari melalui https://bierpinter.com/category/web-tutorial/php/.

Buat teman-teman yang belum like dan share. Ayo, sekarang lakukan untuk membantu kami dalam membangun situs ini menjadi lebih baik lagi.

Belajar Contoh Program Class Pada PHP

Aku akan sajikan contoh program class berupa form input sederhana. Untuk membuat form inputan sederhana, buat file dengan nama index.php. File Index.php akan mewakili semua file yang ada di satu folder database kalian. Misalkan, nama folder: metodeOOP. Dengan adanya index.php kalian akan memberikan tampilan awal pada folder metodeOOP. Berikut contoh dibawah ini:

contoh index php

Gambar 1 – Tampilan form input dengan class

Pada contoh diatas, jika kalian ingin membuat sebuah tampilan awal pada website. Kalian cukup membuatnya pada index.php. Pada materi ini, aku akan berikan contoh program class melalui file Index.php. Pertama, kalian buatkan file di notepad dengan nama index.php. Setelah itu masukkan script yang ada di bawah ini.

<?php
include "pc.inc.php";
echo "<title>Penerbangan</title>";
$form = new Form ("","Input");
$form ->addField ("txtnim", "Nomor Pesawat");
$form ->addField ("textnama", "Nomor Tempat Duduk");
$form ->addField ("txtalamat", "Kota Tujuan");
echo "<h3>Silahkan isi form berikut:</h3>";
$form ->displayForm();

kalian dapat melihat pada bagian include “pc.inc.php”; itu merupakan class yang dipanggil pada file index.php. Cara lain untuk memanggil class lainnya menggunakan method include. Kamu dapat masukkan isi dari pc.inc.php menggunakan script yang ada dibawah ini.

<?php
class Form
{
var $fields = array();
var $action;
var $submit = "Submit Form";
var $jumField = 0;
function __construct ($action, $submit)
{
$this->action = $action;
$this->submit = $submit;
}
function displayForm()
{
echo "<form action='".$this->action."'method='POST'>";
echo "<table width='100%'>";
for ($j=0; $j<count($this->fields); $j++)
{
echo "<tr><td align='right'>".$this->fields[$j]['label']."</td>";
echo "<td><input type='text' name='".$this->fields[$j]['name']."'></td></tr>";
}

echo "<tr><td colspan='2' align='center'>";
echo "<input type='submit' value='".$this->submit."'></td></tr>";
echo "</table>";
}
function addField($name,$label)
{
$this->fields [$this->jumField]['name']= $name;
$this->fields [$this->jumField]['label']= $label;
$this->jumField ++;
}
}

Program index.php yang ada di atas merupakan contoh pemanggilan class yang didefenisikan pada file pc.inc.php. Untuk itu, pertama kali file pc.inc.php harus di include-kan dengan menggunakan fungsi include(). Perhatikan baris ke-2 pada file index.php. Untuk menambahkan form inputan text box, hanya perlu dengan memanggil fungsi addField(). Hasil dari script tersebut dapat dilihat pada gambar 1 yang ada di atas.

Penjelasan

Dengan adanya konsep pemrograman berorientasi object, para programmer PHP di seluruh dunia dapat lebih mudah berbagi teknik programming. Kita dapat membuat suatu class dan programmer lain dapat dengan mudah menggunakannya tanpa perlu mengetahui proses jalannya class tersebut. Di internet, saat ini bertebaran begitu banyak class dengan fungsinya masing-masing yang tersedia secara cuma-cuma dan dapat dimodifikasi secara bebas. Kalian dapat melihat beberapa kumpulan class yang disediakan gratis melalui situs www.phpclasses.org.

Penutup

Demikianlah materi contoh program class pada PHP versi BierPinter. Bagi kalian yang tertarik dengan konten-konten yang kami berikan. Jangan lupa like dan share ya. Terima kasih. 🙂

What's your reaction?
Luar Biasa
33%
Suka Sekali
67%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
1 Comments

Leave a Response