Web Tutorial
Now Reading
Memahami Folder Database MySQL dan Web Server
Inovasi Baru
1
Memahami folder database sangat penting sebelum masuk ke bagian mengelola database. Anda perlu mengetahui dimana lokasi penyimpanan database tersebut.

Selamat malam sobat BierPinter, kita telah masuk di pertemuan ke-3 loh. Sekarang kita akan belajar memahami folder database MySQL dan Web Server. Buat teman-teman yang belum tahu apa itu MySQL, bisa lihat artikel pengertian dan fungsi dari MySQL dan APACHE. Setiap program yang menggunakan MySQL pasti memiliki database. Salah satunya adalah membangun web server. Dengan membangun sebuah web server, setiap data dapat dihubungkan ke dalam MySQL. Anda bisa mengelola datanya di PHPMyAdmin. Tapi itu kita akan bahas pada materi selanjutnya.

Buat teman-teman yang suka dengan materi yang kami bagikan. Kami berharap untuk like dan share guna membangun situs edukasi programmer di Indonesia.

Memahami Folder Database MySQL

Tampilan lokasi folder Database MySQL

Pada saat Anda menginstal paket XAMPP server pada drive C:/, maka Anda akan memiliki program database MySQL server yang disimpan pada path: C:/Xampp/mysql.

Disana ada folder data yang berfungsi untuk menyimpan semua database yang dibuat dari MySQL, termasuk file database utama untuk pengaturan Server MySQL, termasuk file database utama untuk pengaturan Server MySQL, yaitu mysql. Sedangkan untuk database data yang dibuat dan dikelola di dalam MySQL Server, maka semua nama database tersebut akan terlihat seperti folder (direktori) di dalam data. Lihat contoh dibawah ini.

Memahami Folder Web Server

Webserver merupakan suatu sarana yang diperlukan sebuah website untuk memberikan kapasitas penyimpanan yang besar dan juga memberikan akses yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down pada suatu website atau aplikasi.

Apache memilki folder utama penyimpanan data aplikasi web pada htdocs, alamat lengkapnya adalah di C:/xampp/htdocs, dari folder itulah semua file program yang dibangun harus disimpan.

Biasanya, dalam satu proyek kerja membuat satu folder di dalam htdocs, yang juga bisa dinamakan dengan nama proyek, misalnya: BierPinter (untuk website edukasi) atau sekolah (untuk aplikasi sistem sekolahan). Alamat C:/xampp/htdocs dapat dijalankan dari browser apapun. Tapi, disarankan untuk menggunakan Firefox dan Google Chrome. Alamat C:/xampp/htdocs sama dengan Anda mengakses di browser dengan http://localhost/.

Jika di dalam htdocs membuat program aplikasi dengan nama folder edukasi, maka dari browser dapat menjalankan dengan alamat http://localhost/edukasi/. Supaya setiap kali membuka alamat http://localhost/ dapat langsung melihat daftar folder kerja. Maka Anda perlu menghapus semua file gambar dan index.html dan index.php bawah XAMPP yang sudah ada disana.

Demikianlah materi ke-3 ini yang membahas tentang memahami folder database MySQL dan web server versi BierPinter. Materi selanjutnya, kita akan membahas bagaimana  menjalankan phpMyAdmin menggunakan XAMPP.

Buat teman-teman, jika ini bermanfaat jangan lupa untuk di like dan share artikel ini ya. Hal ini bertujuan untuk membangun situs belajar programming di Indonesia dan membantu para konten creator untuk memberikan artikel-artikel yang lebih banyak lagi.
What's your reaction?
Luar Biasa
80%
Suka Sekali
0%
Keren
20%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
Loading...
1 Comments

Leave a Response