Web Tutorial
Now Reading
Mengakses Database MySQL Menggunakan PHPMyAdmin
Inovasi Baru
3
Membangun sebuah website yang memiliki database, harus menginstal web tersebut ke dalam phpMyAdmin. Dengan menggunakan phpMyAdmin Anda dapat mengelola database dengan mudah.

Halo sobat BierPinter, di materi ke-4 ini kita akan belajar mengakses database MySQL menggunakan phpMyAdmin. Untuk memudahkan dalam mengakses database MySQL, Anda dapat menggunakan Software phpMyAdmin, yaitu MySQL Client berbasis web yang sudah ada pada saat menginstal paket XAMPP Server.

Buat teman-teman yang suka dengan materi yang kami bagikan. Kami berharap untuk like dan share guna membangun situs edukasi programmer di Indonesia.

Menjalankan phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui World Wide Web.

Setelah Anda mengerti apa itu phpMyAdmin. Kita akan membahas bagaimana cara mengaksesnya:

  1. Pastikan modul MySQL dan Apache sudah dijalankan (running) dari XAMPP Control Center. Yang belum mengerti bagaimana cara menjalankannya, Anda bisa buka di materi ke-2.
  2. Buka browser Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  3. Pada kotak alamat (address bar), ketikkan: http://localhost/phpmyadmin/, lalu tekan Enter.

Lihat tampilan phpMyAdmin, pada bagian kiri terlihat daftar database bawaan MySQL dan database yang sudah pernah Anda buat ada di folder C://xampp/mysql/data, sedangkan pada bagian kanan berisi menu dan tools untuk melakukan operasional manajemen database dan data.

Lewat fasilitas yang disediakan phpMyAdmin, Anda bisa membuat database baru dengan mudah, membuat tabel baru, serta memodifikasi database dan data yang sudah dibuat. Selain itu, semua operasi manajemen data juga bisa dilakukan, yaitu menyimpan data, menampilkan, memperbaiki data dan menghapus data. Disana juga tersedia fasilitas SQL Editor, lewat fasilitas ini Anda bisa mengetikkan perintah SQL secara manual tanpa harus masuk pada halaman Command Prompt (DOS).

Demikianlah materi ke-4 ini yang membahas cara mengakses database MySQL menggunakan phpMyAdmin. Pada materi ini, tidak banyak yang dibahas. Karena materi ke-4 ini cukup mudah dan sederhana. Untuk materi selanjutnya akan ada pembahas yang lebih dalam. Materi selanjutnya kita akan belajar merancang dan membuat database di phpmyadmin, membuat tabel baru dan proyek utama program.

What's your reaction?
Luar Biasa
71%
Suka Sekali
14%
Keren
14%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
3 Comments

Leave a Response