Web Tutorial
Now Reading
Merancang dan Membuat Database di phpMyAdmin
Inovasi Baru
4
Sebelum kalian ingin mengelola database dari hasil input maupun output, terlebih dahulu kalian harus membuat dan mengalokasi data tersebut ke dalam database.

Halo sobat BierPinter, pada pertemuan ini kita sudah masuk pada materi yang ke-5. Di materi ini kita akan merancang dan membuat database di phpMyAdmin. Yang belum memiliki phpMyAdmin, teman-teman bisa ikuti panduan instalasi PHP dan MySQL.

Dalam membuat sebuah aplikasi tentang pembelajaran (E-Learning) dibutuhkan sebuah rancangan database. Tools yang akan kita pakai untuk memudahkan dalam implementasi pembuatan database MySQL adalah phpMyAdmin. Dengan aplikasi ini semua pekerjaan membuat database dan tabel menjadi lebih mudah dan cepat.

Projek aplikasi kita sekarang adalah membuat sebuah website E-Learning. Untuk membuat Sistem Informasi Pembelajaran E-Learning, setidaknya kita memerlukan 9 tabel. Berikut adalahnya detailnya:

  1. Tabel pelajaran.
  2. Tabel user.
  3. Tabel guru.
  4. Tabel siswa.
  5. Tabel kelas.
  6. Tabel kelas_siswa.
  7. Tabel mengajar.
  8. Tabel tugas_belajar.
  9. Tabel materi_belajar.

Semua tabel akan berelasi datanya, lewat kode kunci utama yang menjadi kunci tamu pada tabel yang membutuhkan. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat melihat gambar hubungan antar tabel (relasi) yang sudah kami buat lewat software Microsoft Visio.

Tabel Relasi E-Learning

Ikuti dan buat tabel relasi sesuai pada gambar dibawah ini.

#1 TABEL PELAJARAN (2 kolom) ================== kd_pelajaran Char (3), Primary key nm_pelajaran Varchar (100) #2 TABEL USER (6 kolom) ============= kd_user Char (3), Primary key nm_user Varchar (100) username Char (20) password Varchar (200) #3 TABEL GURU (7 kolom) ============= kd_guru Char (4), Primary key nm_guru Varchar (100) kelamin Varchar (1) alamat varchar (200) no_telepon Varchar (20) username Varchar (2) password Varchar (200) #4 TABEL SISWA (12 kolom) ============== kd_siswa Char (5), Primary key nm_siswa Varchar (100) nis Varchar (20) kelamin Char (1) agama Varchar (20) tempat_lahir Varchar (100) tanggal_lahir Date alamat Varchar (200) no_telepon Varchar (20) foto Varchar (20) username Varchar (20) password Varchar (200) #5 TABEL KELAS (3 kolom) ============== kd_kelas Char (3), Primary key nm_kelas Varchar (100) kd_guru Char (4) #6 TABEL KELAS SISWA (3 kolom) ================= id Int (6), Primary key, auto increment kd_kelas Char (3) kd_siswa Char (5) #7 TABEL TMP_KELAS (2 kolom) ================== id Int (5), Primary key, auto increment kd_siswa Char (5) #8 TABEL MENGAJAR (7 kolom) ================= kd_mengajar Char (5), Primary key kd_kelas Char (3) kd_pelajaran Char (3) kd_guru Char (4) hari Varchar (100) jam Varchar (5) ruang Varchar (5) #9 TABEL MATERI (6 kolom) =============== kd_materi Char (5), Primary key nm_materi Varchar (100) keterangan Varchar (200) file_materi Varchar (200) kd_pelajaran Char (3) kd_guru Char (4) #10 TABEL TUGAS (7 kolom) =============== kd_tugas Char (5), Primary key nm_tugas Varchar (100) keterangan Varchar (200) file_tugas Varchar (200) kd_pelajaran Char (3) kd_kelas Char (3) kd_guru Char (4)

Membuat Database Baru

Untuk membangun database dan tabel, kita akan menggunakan aplikasi phpMyAdmin yang sudah terinstal saat menginstal software XAMPP Server. Pekerjaan pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat database baru. Database dibuat dengan nama yang sesuai dengan program aplikasi yang dibangun. Sebagai contoh, pada aplikasi E-Learning, kita dapat membuat database dengan nama elearning_db.

Sebelum membuka browser dan menjalankan phpMyAdmin. Pastikan Anda sudah menjalankan APACHE dan MySQL pada XAMPP Server.

Berikut caranya:

  1. Jalankan browser Mozila Firefox atau Google Chrome.
  2. Buka phpMyAdmin dengan mengetikkan alamat http://localhost/phpmyadmin/, lalu tekan Enter.
  3. Klik menu Server:localhost atau Server: 127.0.0.1 yang ada di bagian atas.
  4. Masukkan nama database elearning_db, lalu klik tombol Create.
  5. Setelah database berhasil dibuat, Anda harus mengaktifkan database tersebut. Caranya, klik nama database elearning_db yang ada di jendela bagian kiri.
  6. Setelah database aktif, Anda bisa membuat tabel di dalamnya.

Membuat Tabel Pelajaran

Masih pada materi merancang dan membuat database di phpMyAdmin. Pada bagian ini Anda akan membuat tabel untuk menyimpan data Pelajaran, selain membuat tabel dan struktur datanya, Anda akan belajar menambah data baru ke dalam tabel. Data Pelajaran disimpan di dalam tabel bernama pelajaran, di dalam tabel ini hanya ada 2 kolom saja, yaitu untuk menyimpan data Kode dan Nama. Data tabel bisa kalian lihat di relasi tabel atau versi notepad yang ada diatas.

Pada tabel pelajaran, kolom kd_pelajaran dijadikan sebagai kolom kunci primer (primary key). Berikut cara membuatnya dari phpMyAdmin.

  1. Buka atau aktifkan database yang sudah dibuat. Caranya, klik nama elearning_db yang ada di halaman kiri.
  2. Dari halaman Create Table, buat nama tabel: pelajaran, dan jumlah kolomnya adalah 2.
  3. Lalu, klik tombol Go.
  4. Sekarang Anda dapat menentukan desain struktur tabelnya, masukkan nama kolom pada Name, tipe data pada Type serta panjang datanya pada Length/Values. Contoh:
  5. Pada bagian Index, kolom kd_pelajaran diberikan opsi Primary.
  6. Pada bagian Storage Engine, pilih tipe databasenya adalah MyISAM.
  7. Jika sudah, klik tombol Save.

Jika sudah selesai dan sudah klik tombol Save, maka sekarang tabel pelajaran dapat dilihat pada database elearning_db dan Anda juga dapat melihat struktur datanya. Demikianlah materi hari ini tentang merancang dan membuat database di phpMyAdmin.

Untuk kalian yang ingin melanjutkan create table saya sarankan untuk menunggu materi selanjutnya. Karena materi selanjutnya kita akan membahas bagaimana menyimpan data pelajaran di phpMyAdmin serta aku akan membagikan file databasenya sehingga kalian tidak perlu lagi melakukan create table.

What's your reaction?
Luar Biasa
71%
Suka Sekali
14%
Keren
14%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
4 Comments

Leave a Response