Web Tutorial
Now Reading
Panduan Instalasi PHP dan MySQL
1
Pada pelajaran PHP yang pertama. Kalian akan diajarkan melakukan instalasi PHP dan MySQL pada bagian yang paling dasar dan penting untuk menjalankan program PHP.

Sebelum kita membahas panduan instalasi PHP dan MySQL, kita akan membahas terlebih dahulu pengertian PHP. PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berjalan dalam sebuah web sever (server side). PHP diciptakan oleh programmer Unix dan Perl, bernama Rasmus Lerdoft pada bulan Agustus-September 2014.

Pada awalnya, Rasmus mencoba menciptakan sebuah script dalam website pribadinya untuk memonitor siapa saja yang pernah mengunjungi websitenya.

Semula, PHP hanyalah  sekumpulan script sederhana. Dengan lahirnya PHP 5, fitur-fitur pemrograman berorientasi objek semakin mantap dan semakin pesat. Untuk menjalankan PHP dan MySQL, Anda diharuskan untuk menginstall XAMPP terlebih dahulu. Dengan menginstal paket XAMPP, maka kebutuhan untuk belajar membangun aplikasi berbasis web dapat dilakukan. Didalam satu pake XAMPP sudah tersedia dukungan PHP, MySQL, Apache dan juga phpMyAdmin.

Panduan Instalasi PHP

XAMPP

Pada konten ini dan selanjutnya, program aplikasi dibangun menggunakan PHP pada paket XAMPP 5. Paket XAMPP, Anda dapat download melalui link disini. Perlu perhatikan:

Untuk tips PHP selanjutnya, diharuskan kalian menginstall paket XAMPP versi 5.6.36. Karena, tutorial ini belum mendukung PHP7 dan sangat lebih baik jika dasar PHP menggunakan PHP5.

Sebelum menjalankan instalasi, pada saat Anda menginstal akan muncul notifikasi peringatan tentang UAC (User Account Control). Peringatan ini berkaitan dengan proteksi pada Windows dimana jika XAMPP diinstal pada folder C:/program files (x86) mungkin akan terjadi pembatasan hak akses yang menyebabkan XAMPP tidak dapat berjalan dengan normal.

Notifikasi peringatan

Anda dapat menyimpannya tetap di driver C atau lokasi baru di driver D. Tidak terlalu berpengaruh jika Anda menyimpan di driver C. Untuk mengikuti tips ini, saya sarankan untuk menyimpan di driver C. Silahkan tekan tombol OK untuk melanjutkan.

Proses Penginstalan XAMPP

Setup XAMPP

Tampilan awal instalasi, klik Next.

Select Component XAMPP

Jendela berikutnya adalah Select Component. Pada bagian ini Anda bisa memilih aplikasi yang ingin digunakan. Disarankan, untuk menginstal semuanya untuk dipakai dalam proses pembelajaran nanti.

Installation folder XAMPP

Selanjutnya adalah Installation folder. Anda dapat memilih dimana XAMPP akan disimpan. Seperti yang sudah saya jelaskan barusan, simpan lokasi XAMPP di driver C. Local disk C -> XAMPP -> htcdocs sama saja seperti anda mengakses browser: http://localhost/. Cara menyimpan file latihan ke XAMPP akan saya jelaskan di pelajaran selanjutnya.

Process Installing XAMPP

Klik Next sampai masuk pada jendela Installing. Tunggu progress bar sampai penuh. Jika jendela Completing the XAMPP Setup Wizzard telah muncul, maka proses instalasi XAMPP telah selesai. Anda dapat berikan tanda centang pada teks ‘Do you want to start the Control Panel now ?‘.

Proses Instalasi XAMPP selesai.

Kemudian tekan tombol Finish.

Panduan instalasi PHP dan MySQL telah selesai. Pelajaran selanjutnya, kita akan membahas pengujian paket XAMPP dan bagaimana mengelolanya. Ikuti pelajaran lainnya: Tutorial membuat CRUD di dalam Data Barang.

Jika pelajaran ini sangat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman yang lain. Anda bisa tekan tombol LIKE dan SHARE. Dan jangan lupa, ajak teman-temannya untuk belajar di situs kami. Terima kasih 🙂
What's your reaction?
Luar Biasa
25%
Suka Sekali
75%
Keren
0%
Kagum
0%
Jelek
0%
Tidak Suka
0%
About The Author
Carollous Dachi
1 Comments

Leave a Response